Hubungan Antara Kesehatan Finansial Terhadap Kesehatan Fisik dan Mental

January 13, 2023 | Helmi

Kesehatan Finansial Mempengaruhi Kesehatan fisik dan mental

Kesehatan finansial adalah keadaan di mana Anda dapat sepenuhnya memenuhi berbagai kebutuhan yang terkait dengan uang yang Anda miliki saat ini dan di kemudian hari. 

Jika Anda sehat secara finansial, Anda akan merasa aman tentang masa depan keuangan Anda. Anda tidak akan terlalu stres tentang uang dan akan dapat menikmati hidup dengan nyaman.

Untuk menjadi sehat secara finansial, penting bagi Anda untuk memiliki literasi keuangan. Ini adalah pengetahuan dan pelatihan yang membantu Anda mengendalikan keuangan Anda. 

Literasi keuangan mencakup kemampuan untuk menginvestasikan uang untuk masa pensiun, membuat dan menggunakan anggaran rumah tangga, atau berbicara dengan seorang ahli jika Anda ingin melakukan pembelian dalam jumlah besar.

Kesehatan Finansial Mempengaruhi Kesehatan Mental

Hubungan antara kesehatan mental dan kesehatan finansial Anda sangat besar. Para ahli menemukan bahwa stres akibat masalah uang cenderung bersifat kronis, atau bertahan lama. 

Mereka juga menemukan bahwa masalah keuangan adalah sumber utama stres bagi kebanyakan orang - bahkan lebih membuat stres daripada politik, keluarga, dan pekerjaan.

Kesejahteraan finansial dan literasi yang rendah dapat menyebabkan tekanan finansial yang tinggi. Sama seperti hal-hal lain yang membuat stres dalam hidup, jenis ketegangan ini dapat menyebabkan Anda menjadi cemas, depresi, dan kewalahan.

Banyak orang dengan gangguan kesehatan mental sebelumnya juga mengatakan bahwa masalah keuangan memperburuk kesehatan mental mereka. Demikian pula, sebuah penelitian menemukan bahwa sebagian besar orang mengetahui bahwa kesehatan mental yang memburuk pada gilirannya memperburuk kesehatan finansial mereka.

Kesehatan mental dan kesehatan finansial bekerja sama dalam satu siklus. Jika salah satu tidak sehat, biasanya mempengaruhi yang lain. 

YesDok Ads

Stigma seputar hutang atau kesehatan keuangan yang buruk dapat menyebabkan orang tidak mau meminta bantuan.

Jika Anda sampai pada titik di mana Anda perlu mengurangi hal-hal penting, seperti makanan, dampak kesehatan mental dapat menjadi parah. Ini membuatnya semakin sulit untuk pulih dari gangguan kesehatan mental. 

Para ahli menemukan bahwa orang yang berada dalam masalah keuangan yang parah tiga kali lebih mungkin berpikir untuk bunuh diri. Tanpa akses yang tepat ke perawatan kesehatan mental, sulit untuk mencari bantuan.

Kesehatan Finansial Mempengaruhi Kesehatan Fisik

Jika Anda memiliki tingkat tekanan finansial yang tinggi, Anda akan cenderung menyadari bahwa hal itu memengaruhi kesehatan fisik Anda. Jenis tekanan ini dapat menyebabkan masalah seperti: sakit kepala atau migrain, sistem kekebalan yang melemah, tekanan darah tinggi, masalah dengan sistem pencernaan Anda, ketegangan otot, aritmia jantung dan masalah tidur.

Jika kesehatan finansial Anda rendah dan Anda memiliki tekanan finansial yang tinggi, Anda dua kali lebih mungkin memiliki kesehatan yang buruk secara keseluruhan. Para ahli juga menemukan bahwa Anda empat kali lebih mungkin mengalami semacam kondisi.

Seringkali, masalah kesehatan baru ini membuat orang menghabiskan lebih banyak uang untuk kebutuhan medis. Jika Anda sudah berada dalam situasi keuangan yang ketat, ini hanya akan menambah stres.

Stres finansial juga dapat menyebabkan mekanisme koping yang tidak sehat. Anda mungkin lebih cenderung makan berlebihan, menggunakan alkohol atau obat-obatan, dan merokok jika Anda stres karena uang. 

Tetapi hal-hal ini hanya memperburuk kedua situasi tersebut. Mereka menyebabkan masalah kesehatan lebih lanjut dan seringkali dapat menciptakan lebih banyak tekanan keuangan.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads