Hoaks! Vaksin Covid-19 Dapat Mengubah Warna Darah

October 03, 2021 | Aqiyu

darah vaksinasi covid-19

Baru-baru ini beredar foto dua kantong darah dengan warna yang berbeda. Dalam foto tersebut, kantong darah sebelah kiri berwarna merah terang dan sebelah kanan berwarna gelap. Dalam unggahannya di media sosial, kantong sebelah kiri diklaim darah orang yang tidak divaksin. Dengan kata lain, darah berwarna gelap sebelah kanan adalah milik orang yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19.

Dalam narasi unggahan tersebut terdapat keterangan “Kiri vs kanan = tidak divaksin vs divaksin. Kita melihat ini tapi seperti yang kukatakan..tidak ada yang mengatakan sesuatu” lalu, benarkah vaksin Covid-19 dapat mengubah warna darah dalam tubuh?

Melansir dari Satgas Covid-19, informasi tersebut adalah hoaks alias tidak benar. Faktanya, warna darah dipengaruhi oleh kandungan oksigen dalam sel darah. Ketika pembuluh darah membawa darah yang kaya akan oksigen dari jantung, darah akan berwarna merah terang. Sedangkan, ketika pembuluh darah membawa darah yang mengandung sedikit oksigen kembali ke jantung, darah akan berwarna merah gelap.

Hal senada pun dikatakan oleh Kepala Tenaga Kesehatan bidang Layanan Biomedis Palang Merah Amerika, Dr. Pampee Young, menegaskan bahwa tidak ada kandungan dalam vaksin Covid-19 yang dapat mengubah warna darah. Sementara itu, untuk diketahui bahwa antibodi yang terbentuk dari vaksinasi tidak memiliki warna tertentu.

YesDok Ads

Sementara itu, Indonesia kembali kedatangan vaksin Astrazeneca yang merupakan donasi dari pemerintah Perancis sebanyak 600.000 dosis. Dengan kedatangan tahap 83 ini, jumlah vaksin yang telah hadir di Indonesia baik dalam bentuk bulk maupun bentuk jadi adalah sebanyak 276,159,850 dosis.

Per 2 Oktober 2021, sudah 44% dari sasaran vaksinasi yang mendapatkan dosis pertama dan 25,2% sudah mendapatkan dosis lengkap. Untuk kelompok lansia, sudah sebanyak 6,6 juta orang yang mendapatkan dosis pertama dan 4,4 juta diantaranya sudah mendapatkan dosis lengkap.

Sejalan dengan itu, Perkembangan penanganan pandemi COVID-19 per 1 Oktober 2021 secara nasional, angka kesembuhan harian bertambah mencapai 2.811 orang sembuh per hari. Adanya penambahan hari ini meningkatkan angka kumulatif kesembuhan hingga menembus angka 4 juta orang sembuh atau tepatnya 4.039.835 orang (95,8%).

(Foto: lane regional medical center)

YesDok Ads