Hindari Stres Di Masa Pandemi Dengan Terapkan Gaya Hidup Sehat

September 11, 2021 | Iman

Terapkan gaya hidup sehat

Pandemi membuat kegiatan semua orang dibatasi, hal ini menjadi salah satu faktor kenapa kondisi stres meningkat. 

Stres yang tidak terkendali justru akan menurunkan imun dan membuat kita mudah terserang penyakit, oleh karena itu sangat penting untuk terus mengelola stres salah satunya adalah tetap konsisten menerapkan gaya hidup sehat.

Para ahli mengatakan prinsip untuk kesehatan paling simpel adalah pola makan yang bagus dengan gizi seimbang, olahhraga teratur, hindari stres, istirahat cukup, kontrol ke dokter secara teratur apabila punya penyakit tertentu. 

Dalam keadaan pandemi, penting untuk hilangkan stres, dimana kondisi ini merupakan reaksi normal, terhadap keluhan yang kita alami setiap hari. 

Selain itu, sebagai Pencegahan penyakit yang timbul akibat stres penting untuk menerapakan gaya hidup sehat seperti konsumsi asupan makan sehat, stop merokok, tidur 6-8 jam, pertahankan berat badan ideal, hindari garam berlebih dan batasi makan gorengan.

Jika anda ingin mengatur pola makan, pilih makanan rendah lemak, perbanyak kalium dari pisang atau alpukat, hindari makanan asin, minuman bersoda, makanan kaleng. 

YesDok Ads

Makan Banyak garam diketahui akan membuat potensi hipertensi tinggi, disarankan agar anda kurangi makanan manis juga dan bila ada keluhan apapun segerakan check up ke dokter, berpikir positif dan jangan stres.

Sementara itu, Situasi pandemi membuat banyak orang juga harus olaharaga di rumah. Para ahli menyarankan untuk cegah cedera pakailah olahraga yang nyaman, pemanasan cukup, intensitas jangan berlebihan, pakai sepatu yang nyaman. 

Olahraga yang cukup disarankan 30 menit sehari dan bisa diulang 3-5 kali dalam seminggu dengan intesnitas sedang. 

Olahraganya bisa jalan cepat, bersepeda, renang. Sebelum menentukan olahraga yang tepat terutama pada usia 35 tahun, kita cek dulu ada penyakit atau tidak, jangan langsung di forsir dan lakukan secara bertahap.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads