Hindari Nyeri Punggung dengan Cara Ini

April 08, 2020 | Claudia

Nyeri punggung

Nyeri punggung merupakan satu masalah yang kerap dikeluhkan oleh banyak orang. Bahkan, masalah ini juga seringkali dikeluhkan oleh orang-orang yang masih berusia muda.

Ini semua akibat kebiasaan duduk berlama-lama di depan komputer atau laptop untuk menyelesaikan pekerjaan. Biasanya, banyak orang mengabaikan postur tubuh yang baik saat bekerja dengan komputer atau laptop, sehingga menyebabkan punggung mereka sakit.

Meski nyeri punggung memang menjadi kondisi yang umum, tetap saja Anda tidak bisa mengabaikannya begitu saja. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya nyeri punggung, apa saja?

Jangan istirahat terlalu lama

Jika Anda pernah mengalami cedera akut, ini bukan berarti Anda bisa beristirahat terlalu lama di tempat tidur. Istirahat lah selama satu sampai dua hari, selanjutnya kembali aktif merupakan satu hal baik yang harus Anda lakukan. Jika Anda beristirahat terlalu lama, ini akan melemahkan kekuatan otot Anda, sehingga akan memperlama proses penyembuhan. Segera kembali aktif asal tidak berlebihan.

Menjaga berat badan

YesDok Ads

Berat badan juga menjadi salah satu penyebab di balik nyeri punggung yang Anda rasakan. Saat seseorang mengalami obesitas, ia lebih berisiko untuk mengalami nyeri di bagian punggung. Konsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D untuk meningkatkan kekuatan tulang Anda.

Berhenti merokok

Merokok, dapat berpengaruh terhadap kesehatan punggung. Ini karena saat merokok, aliran darah menuju tulang belakang akan berkurang sehingga dapat menyebabkan penuaan lebih cepat. Lama kelamaan, Anda akan berisiko untuk terkena nyeri punggung dan nyeri pinggang.

Perhatikan kondisi tubuh

Jika beberapa gerakan mengundang rasa sakit kembali datang, maka cobalah beristirahat sebentar dan perhatikan lagi kondisi tubuh Anda. Diskusikan dengan dokter mengenai rasa sakit ini, dan konsultasikan latihan fisik terbaik apa yang bisa membantu Anda mengatasinya.

(Foto: www.peopleimages.coom)

YesDok Ads