Diet
+1

Hindari Konsumsi Ini saat Sarapan!

December 12, 2021 | Claudia

Sarapan

Sarapan merupakan waktu makan terbaik, yang sebaiknya tidak Anda lewatkan. Dikarenakan sarapan sangat penting, maka pemilihan makanannya pun disarankan tidak sembarangan.

Beberapa orang ada yang asal mengisi perut mereka saat sarapan, dengan alasan “yang terpenting perut terisi”. Padahal, apa yang kita makan saat sarapan juga membawa pengaruh, lho!

Ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan perut kosong, karena akan memberikan efek samping yang buruk. Apa saja makanan atau minuman yang harus dihindari saat sarapan?

Kopi

Kafein dalam kopi dapat menstimulasi asam hidroklorat ketika dikonsumsi saat perut masih kosong. Ketika tidak ada makanan di perut, asam yang dikeluarkan bisa mengiritasi lapisan perut.

Makanan pedas

YesDok Ads

Anda sebaiknya menghindari makanan pedas saat sarapan. Ini karena makanan pedas dapat menimbulkan sensasi terbakar di perut akibat terjadinya iritasi di lapisan usus Anda.

Minuman bersoda

Minuman bersoda tidak hanya buruk saat sarapan, bahkan buruk untuk diminum sepanjang waktu! Minuman bersoda yang dikonsumsi saat perut kosong, dapat menyebabkan celah tertentu di saluran pencernaan, yang kemudian bisa membuat Anda merasa kembung. Fruktosa di dalamnya juga tidak baik jika dikonsumsi dengan rutin terlebih dalam jumlah yang banyak.

Produk susu

Beberapa produk susu tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sarapan, misalnya saja yoghurt. Pada sebagian orang, yoghurt bisa menyebabkan refluks asam dan perut kembung jika dikonsumsi dalam kondisi perut kosong. Ini karena kehadiran asam laktat di dalam yoghurt.

(Foto: eatthis.com)

YesDok Ads