Hindari Kesalahan-kesalahan Ini saat Merawat Tubuh

July 04, 2019 | Claudia

Apakah saat ini Anda sudah mulai rajin merawat tubuh Anda? Jika sudah, apakah Anda telah melakukannya dengan cara yang benar? Meski terdengar ribet dan menyusahkan, merawat tubuh adalah satu hal yang perlu untuk dilakukan.

Merawat tubuh berarti Anda melakukan investasi terhadap kesehatan dan kondisi tubuh Anda sendiri. Itulah mengapa, Anda harus sungguh-sungguh dan melakukannya dengan tepat. Tanpa disadari, banyak kesalahan yang kita lakukan saat merawat tubuh.

Kesalahan-kesalahan ini bukan tidak mungkin bisa merugikan Anda. Bukannya tubuh yang sehat dan terawat, malahan yang terjadi bisa saja sebaliknya. Lalu, apa saja kesalahan yang mungkin terjadi saat merawat diri Anda?

Terlalu produk perawatan kulit

Selain sabun pembersih untuk kulit wajah Anda, dokter kulit hanya menyarankan pelembap dan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih untuk produk perawatan kulit yang penting. Serum merupakan produk yang mahal dengan manfaat yang belum terbukti, sementara produk toner kebanyakan menyebabkan kulit kering dan iritasi.

Untuk kulit berjerawat, hindarilah produk yang mengandung salisilat dan benzoyl peroxide. Hal ini dapat memperparah kondisi dengan mengiritasi kulit. Jika produk perawatan saja tidak berfungsi, maka disarankan untuk menemui dan berkonsultasi dengan dokter kulit.

Menggunakan deodoran untuk menyingkirkan keringat

Deodoran memang berguna untuk mengtasi bau badan Anda, namun jika bagian ketiak Anda berkeringat, maka antiperspirant ialah yang Anda butuhkan. Antiprespirant bekerja menghentikan kelembapan dengan masuk ke dalam kelenjar keringat Anda.

YesDok Ads

Mencuci area sensitif dengan sabun

Area vulva dan vagina merupakan area yang sangat sensitif untuk wanita. Jadi, jangan pernah menggunakan sabun yang keras dan beraroma atau bahkan antiseptik pada area ini. Hal ini karena produk-produk tersebut dapat mengganggu keseimbangan bakteri yang menjaga area tersebut tetap sehat. Gunakanlah sabun tanpa pewangi untuk mencuci area yang sensitif agar tetap bersih.

Berenang dengan rambut kering

Air kolam renang mengandung bahan kimia yang dapat merusak rambut. Maka dari itu, disarankan bagi Anda untuk membasahi terlebih dahulu rambut Anda sebelum mulai berenang. Setelah selesai berenang, segera cuci rambut Anda dengan menggunakan sampo.

Terlalu sering atau terlalu jarang keramas

Keramas dengan menggunakan sampo merupakan hal penting untuk menjaga rambut Anda tetap bersih. Namun seberapa sering Anda melakukan keramas bergantung pada jenis rambut Anda. Frekuensi keramas terbaik ialah jika dilakukan selama 2 sampai 3 hari sekali.

(Foto: roswellpark.org)

YesDok Ads