Hindari Kesalahan ini dalam Meminum Kopi

September 25, 2021 | Iman

Kopi

Ada banyak kontradiksi di antara para ahli kesehatan mengenai konsumsi kafein. Studi terdahulu mengatakan, minum kopi memiliki beberapa manfaat kesehatan. Kopi membantu Anda tetap waspada, meningkatkan mood, tingkat konsentrasi, dan meningkatkan efisiensi otak Anda.

Biji kopi juga dapat memberi Anda manfaat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat mengurangi risiko beberapa penyakit kronis. Namun, Anda dapat menikmati semua manfaat kesehatan tersebut jika menyeduh secangkir kopi dengan benar.

Bagaimana kopi bermanfaat bagi otak Anda?

Kopi mengandung kafein yang memengaruhi sistem saraf pusat dengan berinteraksi dengan reseptor adenosin. Ketika kafein mengikat dengan neuroreseptor ini, itu merangsang sistem saraf pusat, membuat diri merasa waspada.

Studi menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek. Tentu hal ini dapat meningkatkan suasana hati, perhatian, kemampuan belajar, waktu reaksi, dan fungsi mental lainnya. Sayangnya ada beberapa kebiasaan yang dapat meredam manfaat tersebut, berikut beberapa diantaranya.

1. Asupan berlebihan

YesDok Ads

Idealnya, seseorang tidak boleh minum lebih dari 2 cangkir kopi dalam sehari. Melampaui batas aman ini dapat menyebabkan sakit perut, kejang, peningkatan kadar asam darah, detak jantung tidak teratur, dan berkurangnya aliran darah ke jantung. Semua faktor ini dari waktu ke waktu dapat mengurangi umur panjang Anda. Hal ini juga dapat meningkatkan tingkat kecemasan, insomnia dan membuat Anda merasa lelah sepanjang waktu.

2. Terlalu banyak menambahkan gula

Jika Anda sudah kecanduan kafein ditambah dengan mengonsumsi gula, maka segalanya menjadi lebih berbahaya. Asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan kecelakaan energi, meningkatkan risiko obesitas dan bahkan diabetes. Cobalah untuk mengurangi konsumsi gula dan jika mungkin menggantinya dengan alternatif pemanis yang sehat. Bahkan menambahkan bubuk kayu manis dapat menambah pemanis pada kopi Anda.

3. Minum kafein setelah jam 2 siang

Kopi adalah salah satu minuman paling populer di seluruh dunia. Ketika kita merasa lesu atau lelah, kita hanya meraih secangkir kopi untuk meningkatkan energi dan kewaspadaan seketika. Tetapi meminumnya setelah makan siang dapat mengganggu tidur Anda dan membuat Anda tetap terjaga hingga larut malam.

Sulit tidur dapat menimbulkan beberapa efek samping pada kesehatan Anda dan bahkan dapat memengaruhi fungsi otak Anda. Hindari mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong di pagi hari dan setelah makan siang jika ingin mendapatkan tidur malam yang teratur.

YesDok Ads