Hindari Kebiasaan Buruk yang Bikin Rusak Telinga

February 15, 2020 | Aqiyu

Telinga

Telinga merupakan salah satu organ yang sangat penting pada tubuh. Hanya melalui telinga seseorang dapat mendengar suara dan untuk menjaga keseimbangan statis tubuh. Oleh karena itu, panca indera ini wajib dirawat dan dijaga kebersihannya. Dalam menjaga kesehatan telinga, bukan hanya dengan membersihkan telinga saja.

Ada beberapa kebiasaan yang bisa Anda hindari agar telinga dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Berikut kebiasaan buruk yang bisa bikin telinga rusak yang wajib Anda hindari:

Menggunakan obat tetes telinga

Biasanya seseorang menggunakan obat tetes telinga untuk menghentikan telinga berdenging atau bermasalah. Tapi, jarang yang mengetahui bahwa penggunaan obat tetes telinga ini memiliki dampak buruk dan bukan solusi yang tepat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Karena obat tetes telinga memiliiki efek samping.

Menggunakan earphone

Kebiasaan menggunakan earphone yang terlalu lama dan terlalu sering bisa berdampak buruk bagi kesehatan telinga. Apalagi jika Anda mendengarkan musik dengan suara keras. Kebiasaan ini membuat telinga Anda rusak secara perlahan dan membuat perubahan dalam system pendengaran.

YesDok Ads

Metode ear candle

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan telinga. Salah satunya adalah metode ear candle. Sayangnya, metode ini dapat memberikan efek samping yang buruk. Metode ini dapat membuat kotoran telinga keluar banyak namun sesudahnya akan membuat telinga menjadi lembab dan meninggalkan bakteri yang bisa merusak liang telinga.

Menggunakan cutton bud

Cutton bud adalah alat yang paling umum dan banyak digunakan oleh banyak orang untuk membersihkan telinga. Namun cutton bud bisa membuat kotoran pada liang telinga menggumpal dan menumpuk. Hal ini karena kotoran telinga cenderung bertekstur lengket.

(Foto: oxgadgetsl

YesDok Ads