0 Point
Seorang wanita sedang kehilangan nafsu makan.

Hilangnya Nafsu Makan Akibat Gangguan Kecemasan

Kecemasan adalah sebuah gangguan kesehatan mental yang menyebabkan seseorang merasa kekhawatiran dan rasa cemas terhadap sesuatu secara berlebihan yang berkepanjangan.

Ketika seseorang mulai merasakan cemas, tubuh mereka mulai melepaskan hormon stres. Lalu, hormon ini mengaktifkan sistem saraf yang memicu respons tubuh flight or fight.

Hormon ini kemudian berpengaruh pada kesehatan fisik seseorang dan bisa menyerang berbagai area di tubuh Anda seperti otot menjadi tegang, mulas, sakit kepala dan kehilangan nafsu makan.

Menurut Anxiety Center, terdapat lebih dari 100 kemungkinan gejala ketika seseorang sedang cemas dan seringkali penderita gangguan kecemasan mengalaminya lebih dari sekali.

Respons ini juga bisa menyebabkan gejala fisik tambahan, seperti peningkatan frekuensi pernapasan, detak jantung, serta tekanan darah tinggi.

Berbagai kondisi fisik yang dipengaruhi oleh rasa cemas bisa mengganggu keproduktifan Anda dalam kehidupan sehari-hari serta menyebabkan rasa tidak yang nyaman.

Ketika mood seseorang turun dan sedang diliputi rasa cemas berlebihan, mereka mungkin mementingkan masalah lain daripada keperluannya untuk makan dan bahkan bisa lupa untuk makan terutama saat mengalami penurunan nafsu makan.

Di sisi lain, seseorang yang memiliki gangguan kecemasan juga kemungkinan memiliki mekanisme koping dengan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Setiap orang bereaksi pada gejalanya berbeda-beda terhadap kondisi kecemasan dan stres.

Pria dan wanita juga memiliki reaksi yang berbeda tentang mekanisme koping akan rasa cemas.

Pengobatan

Mengenali apa pemicu Anda terhadap gangguan cemas ini penting terutama untuk membantu mengembalikkan nafsu makan. 

Beberapa cara seperti bermeditasi, yoga dan praktik pernapasan dalam lainnya mampu membantu Anda dalam mengurangi intensitas kondisi stres dan gangguan kecemasan tersebut.

Makanan yang baik bagi pencernaan seperti nasi, sayuran kukus dan kentang putih juga bisa membantu Anda mengembalikan nafsu makan secara normal.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok