Hilangkan Pusing Usai Hujan-hujanan, Haruskah Mandi Air Hangat?

January 07, 2023 | Aqiyu

pusing usai hujan-hujanan

Sering kali orang mengeluh sakit kepala atau pusing setelah hujan-hujanan. Lalu, cara yang dipilih untuk menghilangkan rasa pusing tersebut adalah dengan mandi air hangat. Apakah mandi dengan air hangat dapat menghilangkan pusing usai hujan-hujanan? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Sebenarnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa hujan-hujanan bisa membuat kepala pusing. Namun, beberapa ahli menduga efek pusing setelah hujan-hujanan disebabkan air hujan yang mengenai kepala. Paparan air hujan tersebut membuat suhu tubuh berubah secara mendadak memicu sakit kepala dan pilek.

Nyatanya, mandi air hangat usai hujan-hujan memang dapat membantu membuat tubuh lebih nyaman dan hangat setelah terkena air hujan dan cuaca dingin. Begitu juga dengan keramas pakai air hangat yang dapat membuat rileks otot-otot tubuh yang tegang. Sehingga tubuh lebih santai, nyaman dan membuat Anda tidur nyenyak.

Selain itu, mandi air hangat setelah kehujanan menyimpan banyak manfaat sebagai berikut ini:

Melancarkan sirkulasi darah

Kehujanan bisa membuat otot Anda menegang yang membuat sirkulasi darah dalam tubuh tidak lancar. Dengan mandi air hangat dapat membuat otot lebih rileks dan memperbaiki kerja sistem pembuluh darah.

Menaikkan suhu tubuh

Kehujanan bisa membuat tubuh kedinginan apalagi dengan angin yang cukup besar. Hal ini membuat suhu tubuh menurun dan memengaruhi daya tahan tubuh. Dengan mandi air hangat, Anda bisa menstabilkan suhu tubuh agar tidak mudah sakit.

YesDok Ads

Mencegah pilek

Tubuh yang diterpa oleh air hujan dan cuaca dingin dapat menyebabkan gangguan saluran pernapasan seperti pilek. Uap pada mandi air hangat bisa melegakan pernapasan dan meredakan pilek.

Mengurangi nyeri

Tidak menutup kemungkinan tubuh terasa lelah dan nyeri. Meski tidak menyembuhkan secara keseluruhan, namun mandi air hangat bisa membantu mengurangi nyeri sendi dan tendon.

Mandi air hangat juga berguna membersihkan tubuh dari kotoran saat kehujanan di jalan. Dengan begitu kebersihan tubuh juga terjaga dan terbebas dari kuman dan bakteri.

Berikut cara hilangkan pusing usai hujan-hujanan. YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: hindustan times)

YesDok Ads