Hentikan Kebiasaan Ini untuk Lindungi Ginjal Anda

December 09, 2019 | Claudia

Salah satu organ penting dalam tubuh manusia adalah ginjal. Ginjal memiliki fungsi yang sangat penting, yakni untuk menyaring darah, membuang kelebihan cairan dalam tubuh, menyaring dan membuang limbah dan racun dari dalam tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan dalam tubuh, menjaga konsentrasi mineral dan elektrolit, dan lain-lain.

Fungsi ginjal yang sangat banyak dan penting ini, membuat Anda harus ekstra dalam menjaga kesehatan ginjal. Sayang, ada beberapa kebiasaan buruk yang tanpa disadari sering kita lakukan dan padahal bisa sangat mengganggu fungsi ginjal.

Agar tak mengalami penyakit atau komplikasi lain akibat terganggunya fungsi ginjal, maka ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui dan menghentikan apa saja kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal berikut ini:

Konsumsi garam tinggi

Memang, olahan makanan yang dibuat tanpa menggunakan garam akan terasa hambar dan tidak sedap. Anda boleh-boleh saja mengonsumsi garam, asal Anda tahu batasan maksimalnya. Konsumsi garam yang terlalu tinggi dapat meningkatkan tekanan darah Anda, dan ini bisa berdampak buruk bagi ginjal. Saat konsumsi garam sangat tinggi, ginjal harus bekerja lebih keras untuk membuang kelebihan garam di dalam tubuh. Ini selanjutnya bisa menyebabkan retensi air dalam tubuh, sehingga menempatkan Anda pada risiko tertinggi dari gangguan fungsi ginjal.

Kurang tidur

YesDok Ads

Masalah kurang tidur sudah menjangkiti sebagian besar orang dewasa. Kesibukan dan aktivitas tiada henti, membuat tidur seolah kegiatan sepele yang bisa ditunda. Padahal, tubuh kita butuh beristirahat yang cukup, dari segala kegiatan dan aktivitas yang sudah kita kerjakan seharian. Istirahat yang cukup dan berkualitas, akan membantu tubuh dan otak kita untuk lebih relaks. Selain itu, fungsi ginjal juga diatur oleh siklus tidur, di mana ini dapat membantu mengoordinasikan ginjal untuk bisa bekerja selama 24 jam. Jadi, dapatkan istirahat yang cukup jika Anda ingin ginjal Anda tetap dalam kondisi yang sehat dan baik.

Makan daging secara berlebih

Konsumsi daging secara berlebihan juga tidak disarankan, karena protein hewani dapat menghasilkan asam yang tinggi di dalam darah. Jika kondisi ini terjadi di dalam tubuh Anda, maka ini bisa menjadi kabar buruk bagi ginjal Anda, dan bisa menyebabkan asidosis. Asidosis merupakan suatu kondisi di mana ginjal tak lagi bisa mengeluarkan kelebihan asam dengan cepat. Pastikan Anda mengonsumsi protein hewani secukupnya dan tidak berlebihan.

Kurang asupan air

Tubuh yang terhidrasi dengan baik, akan sangat membantu ginjal untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Ini juga sangat baik untuk menghindari Anda dari kondisi batu ginjal. Akan tetapi, jika Anda sudah mengalami kondisi gagal ginjal, maka Anda justru harus membatasi asupan cairan Anda.

(Foto: medicalnewstoday.com)

YesDok Ads