0 Point
Stres

Hati-Hati, Stres Pengaruhi 3 Sistem Tubuh Ini

Stres mungkin dialami oleh banyak orang dewasa. Berbagai masalah dalam kehidupan sering kali memicu timbulnya stres. Ini memang kondisi yang umum, namun bukan berarti stres bisa disepelekan.

Stres yang terus diabaikan dan tidak dikelola dengan baik, bisa sangat merugikan, baik secara fisik maupun mental seseorang. Stres bahkan juga bisa memengaruhi beberapa sistem tubuh, yakni:

Sistem kekebalan tubuh

Tubuh sangat membutuhkan sistem kekebalan yang bisa membantunya terhindar atau sembuh dari dari infeksi, luka atau penyakit. Namun jika tubuh sedang dalam keadaan stres, maka seseorang akan lebih rentan terhadap penyakit, seperti pilek, flu, atau bahkan Covid-19. Hormon stres melemahkan sistem kekebalan tubuh dan juga mengurangi kemampuannya untuk dapat merespons penyakit dengan cepat. Anda juga akan merasakan bahwa tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk bisa pulih dari penyakit.

Sistem reproduksi

Ketika seorang pria sedang berada di bawah tekanan, hormon testosteron diproduksi pada tingkat yang lebih tinggi, namun ini biasanya tidak bertahan lama. Ajan tetapi, saat dalam kondisi ini, Anda bisa saja mengalami kehilangan hasrat seksual. Tubuh yang stres juga akan selalu terasa lebih lelah dan kurang energi. Dalam kondisi yang lebih serius, ini bisa mengarah pada disfungsi ereksi.

Bagi wanita, Anda bisa saja mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur dan biasanya akan mengalami keram perut yang lebih menyakitkan. Dan tentunya, Anda juga akan kehilangan hasrat seksual Anda.

Sistem pencernaan

Stres juga dapat memengaruhi sistem pencernaan, yang kemudian bisa menyebabkan berbagai masalah seperti sembelit, diare, muntah, nyeri perut, mual, dan masih banyak lagi.

Ketika sedang stres, hati akan terdorong untuk memecah lebih banyak gula yang menyebabkan kadar gula darah menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika sudah melewati batas tertentu, Anda bisa saja mulai terserang diabetes.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok