Hati-Hati, Kebiasaan Ini Bisa Picu Diabetes

January 13, 2022 | Claudia

Ngemil

Kelebihan gula dalam tubuh bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Diabetes merupakan masalah utama jika kadar gula darah meningkat.

Konsumsi makanan atau minuman manis terlalu sering, merupakan salah satu pemicu diabetes tipe-2. Tak hanya itu, ada sejumlah kebiasaan-kebiasaan lain yang ternyata juga bisa memicu terjadinya diabetes pada seseorang, apa saja?

Makan tak tepat waktu

Melewatkan waktu makan rupanya merupakan kebiasaan yang buruk. Tanpa disadari, ini bisa memicu masalah kesehatan, dan bahkan berkontribusi terhadap diabetes. Ini secara tak langsung memengaruhi kadar gula dalam darah Anda.

Mengonsumsi minuman manis

Minuman manis memang memanjakan lidah, tak heran banyak orang gandrung dengannya. Tapi, tahukan Anda, sebagian besar kelebihan kalori masuk ke dalam tubuh melalui minuman manis? Hindari mengonsumsi minuman ini terlalu sering jika Anda tak ingin risiko obesitas dan diabetes menghantui Anda.

Stres

YesDok Ads

Stres yang tidak terkendali bisa memicu diabetes. Kortisol dapat sangat memengaruhi kadar gula darah, yang lama kelamaan menyebabkan diabetes. Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit diabetes, maka Anda harus lebih cerdik mengelola stres.

Kurang serat

Jika Anda terbiasa untuk mengonsumsi makanan yang tidak mengandung serat, maka lebih baik ubah kebiasaan ini segera, sebelum diabetes menghampiri Anda.

Ngemil tengah malam

Ngemil tengah malam tak hanya bisa menambah berat badan Anda, namun juga meningkatkan risiko diabetes. Ini karena ngemil tengah malam akan memberikan Anda tambahan kalori yang akan menumpuk di tubuh Anda.

(Foto: sleepworld.com)

YesDok Ads