Hati-Hati Ini Bahaya Keseringan Pakai Headset

January 05, 2020 | Aqiyu

Wanita menggunakan headset

Dalam menjalan aktivitas sehari-hari, tidak sedikit orang yang melewatinya dengan mendengar musik. Musik dianggap dapat membuat lebih semangat dan menghilangkan suntuk saat melanda.

Di zaman sekarang, untuk mendengarkan musik sekaligus me time, banyak orang yang memilih menggunakan headset. Padahal menggunakan headset atau alat lainnya yang disumpal di telinga secara berlebihan bisa menimbulkan bahaya yang fatal.

Adapun bahaya yang perlu diwaspadai terutama para remaja yang gemar menggunakan headset adalah sebagai berikut:

Kerusakan permanen pada telinga

Bahaya pertama yang mengintai Anda bila keseringan memakai headset adalah kerusakan permanen pada telinga. Kerusakan kemampuan pendengaran secara permanen ini terjadi karena telinga tidak kuat lagi menanggung beban suara keras dari earphone yang tersambung ke telinga.

Kehilangan pendengaran

Dampak buruk dari keseringan menggunakan headset atau eaephone memang tidak langsung. Namun sebuah penelitian mengungkapkan bahwa efek buruk dari kebiasaan meenggunakan headset akan dirasakan secara perlahan dan mulai terasa diusia 20-an. Headset kebanyakan digunakan oleh remaja, sehingga harus berhati-hati bila tidak ingin kehilangan pendengaran saat berusia 20-an.

YesDok Ads

Kerusakan pada otak

Efek yang ditimbulkan dari seringnya memakai headset bukan hanya berdampak pada telinga tetapi juga akan memengaruhi kesehatan organ lain yakni otak. Gelombang elektromagnetik yang berasal dari headset atau earphone diduga berpengaruh pada listrik otak.

Infeksi telinga

Salah satu bahaya lain yang mengintai Anda adalah infeksi telinga. Hal ini berkaitan dengan perawatan dari alat ini yang sering kali diabaikan. Menurut Profesor mikrobiologi Universitas Arizona, Charles Gerba mengungkapkan bahwa ponsel dan headset lebih banyak terdapat khman dibandingkan toilet.

Radiasi

Headset atau earphone kini hadir dalam berbagai bentuk. Makin kesini orang semakin dipermudah untuk pemakaiannya. Seperti headset bluetooth yang tidak kalah berbahaya. Headset bluetooth memancarkan sejumlah radiasi, meski dalam jumlah yang kecil. Namun bila keseringan digunakan, radiasi tersebut bisa menyebabkan kanker, tumor otak, autisme dan kerontokan rambut. 

(Foto: techradar)

YesDok Ads