0 Point
Menggelitik

Hati-Hati Bahaya Menggelitik Anak yang Jarang Diketahui

Melihat anak tertawa memang menggemaskan. Banyak cara dapat dilakukan untuk membuat si kecil tertawa. Cara yang paling sering kali dilakukan adalah menggelitik anak. Namun sayangnya, menggelitik anak saat bercanda dapat menimbulkan bahaya dan hal ini mungkin tidak diketahui banyak orang.

Menurut Dr. Richard Alexander, professor di bidang Evolutionary Biology di University of Michigan, menggelitik tubuh merupakan bentuk dominasi dan tertawa akibat digelitik adalah bentuk dari sebuah kepasrahan seperti dilansir dari laman Mother & Baby. Menggelitik si kecil bisa menyiratkan pesan yang salah mengenai otonomi tubuh. Anak akan berpikir bahwa orang dewasa berhak melakukan apa saja pada tubuhnya bahkan tanpa izin sekalipun.

Tertawa akibat gelitikan tidak membuatnya bahagia. Si kecil mungkin terlihat senang dan tertawa tiidak henti dan orang tua menganggapnya si kecil menikmatinya pada nyatanya tidak. Tawa yang dikeluarkan si kecil dari respon menggelitik anak-anak tidak benar-benar membuatnya menyukainya dan hanya memberikan ilusi kebahagiaan.

Fatalnya lagi, menggelitik anak dapat membuatnya trauma hingga dewasa dan sakit mental yang hebat. Saat dewasa, anak akan merasa tidak nyaman yang berlebihan saat didekati oleh orang lain, tidak merasa aman saat tidur dengan orang yang dipercaya dan mudah terancam saat ada yang menyentuhnya.

“selama bertahun-tahun mendengarkan orang dewasa mengutarakan mengenai tantangan emosional kehidupan mereka sebagai anak-anak, gelitik muncul berulang kali sebagai pengalaman yang menyakitkan,” ungkap Dr. Richard Alexander.

Aktivitas menggelitik sudah digunakan sejak lama sebagai bentuk penyiksaan selama pemerintahan Dinasti Han di China. Kaum bangsawan saat itu menggunakancara menggelitik untuk menyiksa. Hal ini dikarenakan menggelitik tidak meninggalkan bekas dan korban dapat pulih dengan cepat. Menggilitik juga popular di Jepang dengan sebutan khusus kusuguri-zeme yang artinya adalah gelitik tanpa ampun.

(Foto: rookie moms)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok