Haruskah Khawatir Jika Sendi Retak atau Bermasalah?

August 08, 2020 | Iman

Melatih sendi

Mungkin Anda pernah mendengan bunyi tidak biasa pada sendi Anda. Jika pernah mengalami hal tersebut pasti Anda akan bertanya-tanya mengenai penanganan yang tepat.

Menurut banyak penelitian, tidak ada satu jawaban yang jelas untuk apa yang menyebabkan sendi membuat suara seperti retak, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa suara yang Anda dengar disebabkan oleh "popping" gelembung gas dalam cairan sinovial, cairan yang melumasi sendi Anda. Lantas bahayakah?

“Dalam kebanyakan kasus, retak sendi tidak memiliki efek yang merugikan dan dapat hadir pada sendi yang sehat atau abnormal,” kata Spesialis kedokteran olahraga perawatan primer di New York, Dennis Cardone. “Retak” yang Anda dengar adalah hasil dari perubahan yang terjadi pada sendi atau otot dan tendon. Pada sambungan dengan gerakan-gerakan tertentu, mungkin ada udara yang terperangkap atau kekosongan yang dihasilkan yang mengarah ke celah. Kondisi ini juga dikenal sebagai "kavitasi."

Menurut Cardone, sebagian besar crack tidak berbahaya dan tidak menimbulkan masalah. Namun, dalam beberapa kasus patah dan retak dapat menyebabkan rasa sakit sementara. Jika suara sendi yang retak mengganggu Anda, terutama jika menyebabkan rasa sakit, itu adalah sesuatu yang perlu dikemukakan oleh dokter ahli. Latihan rutin rehabilitasi pada penguatan kelompok otot yang terlibat biasanya akan menyembuhkan ketidaknyamanan yang berasal dari retak sendi Anda.

YesDok Ads

Dalam kasus yang sama seperti keretakan yang konstan dan terus menerus dalam satu sambungan, ini dapat mengindikasikan adanya masalah dengan mekanik atau penyelarasan Anda. Mungkin mudah untuk mengabaikan beberapa retakan dan muncul itu, tetapi Anda perlu memperhatikan kapan dan seberapa sering mereka terjadi.  

Suara-suara kecil yang terjadi sesekali dan tidak disertai dengan rasa sakit sebenarnya bisa menjadi pertanda kesehatan sendi yang baik. “Suara retak kecil saat berolahraga mungkin berarti Anda mendorong tubuh Anda keluar dari hari-hari Anda, namun itu bukan hal yang buruk," Cardone menambahkan.

(Foto: health.com)

YesDok Ads