Harus Kerja Shift Malam? Lakukan Ini!

March 15, 2022 | Claudia

Shift Malam

Beberapa dari kita menjalani jam kerja yang diatur dalam sistem shifting, sehingga bekerja di shift malam pun menjadi satu hal yang tidak terhindarkan. Saat Anda diharuskan menjalani kerja di shift malam, maka ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, demi menjaga kesehatan tubuh Anda.

Terjaga semalaman di mana tubuh harusnya beristirahat tentu bisa mendatangkan dampak yang tidak menyenangkan. Namun, apa mau dikata? Pekerjaan adalah hal yang harus dilakukan, apa pun risikonya. Untuk itu, bagi Anda yang bekerja dalam shift malam, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat, yakni:

Cukup istirahat

Rata-rata orang dewasa membutuhkan waktu tidur 8 jam sehari. Dalam sudut pandang medis, tidak masalah jika Anda mendapatkan 8 jam waktu tidur di siang atau malam hari. Untuk mengatasinya, bagilah waktu tidur Anda menjadi dua bagian untuk melengkapi 8 jam yang diperlukan. Dengan begini, Anda tetap mendapatkan waktu istirahat yang ideal yakni 8 jam per hari.

Atur pola makan

Saat harus bekerja di malam hari, Anda seringkali melupakan jadwal makan atau malah membuatnya berantakan. Bagaimana pun, tubuh membutuhkan jumlah nutrisi yang sama saat harus bekerja di malam hari. Pastikan tubuh Anda selalu tercukupi oleh gizi yang dibutuhkan.

Jangan lupa latihan fisik

YesDok Ads

Bekerja di malam hari bukan berarti Anda tidak bisa latihan fisik sama sekali. Usai beristirahat, luangkanlah sedikit waktu untuk melakukan latihan fisik. Ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan membuat tubuh Anda tetap segar.

Batasi asupan kafein

Mengonsumsi secangkir kopi saat harus bekerja di malam hari memang tampak sangat menggoda. Namun, pastikan Anda tetap mengendalikan porsi asupan kafein yang masuk ke dalam tubuh. Terlalu banyak kopi yang Anda konsumsi di malam hari akan mengganggu jam tidur Anda di siang hari. Jika terlalu sering, tentunya akan mengganggu kesehatan Anda juga.

Jangan lupa me time!

Walaupun Anda bekerja di malam hari, bukan berarti Anda kehilangan waktu untuk hal-hal yang Anda sukai. Luangkan waktu untuk hobi Anda. Hal ini dapat memberikan ketenangan dan kedamaian untuk pikiran Anda dan tentunya juga bermanfaat untuk kesehatan baik mental maupun fisik.

(Foto: medicalnewstoday.com)

YesDok Ads