Hari Anti Tembakau, ini yang Dapat Menyehatkan Paru-paru

June 03, 2022 | Iman

green tea

Hari Tanpa Tembakau Sedunia diperingati pada tanggal 31 Mei. Tembakau membunuh lebih dari 8 juta orang setiap tahun.

Merokok berkontribusi terhadap berbagai kanker dan penyakit jantung. Hal ini juga dapat menyebabkan maag, osteoporosis (tulang rapuh), stroke, dan emfisema.

Meskipun tidak merokok sama sekali adalah pilihan yang paling sehat, jika Anda belum siap untuk berhenti, Anda dapat melakukan yang terbaik untuk meminimalkan kerusakan pada tubuh. Berikut beberapa makanan yang terbukti bermanfaat bagi paru-paru.

1.Tomat dan apel

Sebuah studi selama satu dekade terhadap 650 orang dewasa Inggris dan Eropa menunjukkan bahwa diet tinggi tomat dan apel, dapat mempercepat penyembuhan paru-paru yang rusak akibat asap. Studi tersebut menemukan bahwa orang yang rata-rata makan lebih dari dua tomat atau lebih dari tiga porsi buah segar sehari, terutama apel, mengalami penurunan fungsi paru-paru yang lebih lambat dibandingkan mereka yang makan kurang dari satu tomat atau kurang dari satu porsi buah perhari.

2. Teh hijau

YesDok Ads

Teh hijau memiliki konsentrasi katekin yang tinggi dan sama efektifnya dengan tomat dan apel dalam memperlambat penurunan kapasitas paru-paru yang datang seiring bertambahnya usia dan yang diperburuk oleh merokok. Katekin adalah senyawa yang dapat membantu mengatur tekanan darah, meningkatkan penurunan berat badan, dan melindungi otak dari penyakit. Katekin dalam teh hijau dapat memecah dan melonggarkan endapan lendir di paru-paru. Teh hijau juga kaya akan sifat antimikroba yang membantu dalam meningkatkan kesehatan paru-paru.

3. Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, yang membuatnya efektif dalam mengurangi kerusakan paru-paru akibat merokok. Kurkumin yang ada dalam kunyit memberikan sifat antioksidan, anti-inflamasi dan anti-kanker yang kuat yang melindungi paru-paru dari kerusakan akibat nikotin.

Asap rokok dapat menyebabkan peradangan dan penyumbatan pada saluran napas. Kurkumin melindungi dari perkembangan penyakit radang paru-paru seperti PPOK. Curcumin melindungi paru-paru dari karsinogen yang ada dalam asap rokok dan mencegah perkembangan kanker paru-paru. Kurkumin dalam kunyit melindungi organ lain dari toksisitas akibat merokok. 

4. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menghilangkan racun dari saluran pernapasan. Ini mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk potasium, magnesium, beta-karoten dan seng. Ekstrak jahe tertentu juga diketahui dapat membunuh sel kanker paru-paru. Anda dapat menambahkan jahe ke banyak masakan sebagai ramuan atau mengkonsumsinya dalam bentuk teh jahe.

YesDok Ads