Harapan Hidup Bagi Penderita CF

December 19, 2019 | Kaifia

Penderita CF sedang dalam perawatan.

Cystic Fibrosis (CF) dapat memengaruhi kualitas dan harapan hidup seseorang. Seberapa lama orang dengan CF bisa hidup tergantung dengan umur dan kondisinya.

Sebelum 1980-an, sekitar setengah dari orang-orang dengan CF tidak hidup sampai usia 20-an. Namun, selama beberapa dekade terakhir, harapan hidup orang dengan kondisi ini telah meningkat secara dramatis.

Berkat kemajuan dalam perawatan dan perawatan, orang-orang dengan CF sekarang dapat berharap untuk hidup lebih lama. Bahkan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa pada tahun 2025, jumlah orang dewasa yang hidup dengan CF akan meningkat sekitar 75%.

Beberapa faktor - termasuk jenis kelamin, pilihan gaya hidup, infeksi apa pun, dan jenis mutasi gen CF yang dimiliki seseorang - dapat memengaruhi harapan hidup.

Harapan hidup berdasarkan tahun kelahiran 

Sebuah statistik menunjukkan bahwa lebih dari 50% bayi dengan CF lahir pada 2018 dan 50% orang dengan CF berusia 30 atau lebih pada 2018 kemungkinan akan mencapai setidaknya dekade kelima kehidupan mereka.

 Angka saat ini untuk harapan hidup saat lahir adalah perkiraan yang dapat berubah dari satu tahun ke tahun berikutnya.

Juga, prediksi ini tidak memperhitungkan potensi perbaikan dalam perawatan dan pengobatan yang mungkin terjadi seiring bertambahnya usia orang.

Penting juga untuk dicatat bahwa angka-angka ini hanya rata-rata. Beberapa orang akan hidup lebih lama. Bahkan, beberapa orang dengan CF hidup sampai usia 70-an.

Kualitas hidup orang dengan CF 

Banyak orang dengan CF mengalami komplikasi kesehatan seiring bertambahnya usia. Beberapa di antaranya dapat berkontribusi pada penurunan kualitas hidup dan kematian dini.

Komplikasi potensial seperti:

  • Saluran empedu atau penghalang usus.

    YesDok Ads

  • Bronkiektasis, suatu kondisi yang menyebabkan kerusakan saluran napas.

  • Infeksi kronis, termasuk bronkitis dan pneumonia.

  • DIabetes.

  • Infertilitas, terutama pada pria.

  • Kekurangan Gizi.

  • Osteoporosis, sejenis kondisi tulang.

  • Pneumotoraks, yang melibatkan pengumpulan udara di ruang antara paru-paru dan dinding dada.

  • Kegagalan pernapasan.

Perawatan

ada banyak pilihan perawatan yang tersedia untuk CF. Seringkali, orang menerima kombinasi perawatan, tergantung pada gejala dan komplikasinya.

Misalnya, orang dengan masalah paru-paru parah mungkin memerlukan transplantasi paru-paru. Meskipun ini tidak menyembuhkan CF, menerima transplantasi dapat meningkatkan kelangsungan hidup dan kualitas hidup. Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun setelah transplantasi adalah sekitar 50%.

Perawatan yang lebih baru, termasuk antibiotik inhalasi dan obat-obatan lainnya, telah meningkat dan kemungkinan akan terus meningkatkan tingkat harapan hidup. (Foto: the conversation.com)

YesDok Ads