Harap Diperhatikan, Ini Gejala Virus Omicron BA4 dan BA5

August 09, 2022 | Helmi

Gejala Virus Omicron BA4 dan BA5

Pada bulan Juni yang lalu, Kementerian Kesehatan RI mengumumkan subvarian omicron BA.4 dan BA.5 telah terdeteksi di Indonesia. Terdapat 4 kasus BA.4 dan BA.5 yang dilaporkan di Tanah Air.

Dengan setiap varian COVID-19 baru, pastinya banyak pertanyaan timbul mengenai tingkat keparahan varian virus ini dan gejala virus omicron BA.4 dan BA.5.

Para ahli mengatakan BA.4 dan BA.5 terutama menyebabkan gejala pernapasan atau seperti pilek. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan bahwa batuk, pilek, dan kelelahan sebagai penyakit paling umum yang dialami orang ketika mereka terinfeksi Omicron.

"COVID cenderung muncul dengan cara yang sama dan presentasinya mungkin berbeda dari orang ke orang, tetapi hal paling umum yang kami lihat adalah demam, kemacetan, dan sakit tenggorokan," kata Katie Passaretti, MD, wakil presiden dan kepala epidemiologi perusahaan Health Atrium. "Seringkali sakit tenggorokan adalah jenis gejala awal dan kemudian gejala lainnya muncul."

Kehilangan indra perasa atau penciuman justru tampaknya kurang umum di antara pasien yang sakit akibat gejala virus omicron BA.4 dan BA.5.

Gejala non-pernapasan juga dapat dikaitkan dengan subvarian baru, George Rutherford, MD, seorang profesor epidemiologi di University of California, San Francisco. 

YesDok Ads

Diare yang merupakan gejala umum untuk varian sebelumnya, mungkin muncul lebih banyak, serta gejala COVID-19 umum lainnya seperti sakit kepala dan nyeri otot.

Tetapi karena subvarian ini hanya menginfeksi sejumlah besar orang untuk waktu yang singkat, mungkin diperlukan beberapa waktu untuk mengkonfirmasi sedikit variasi gejala ini di luar apa yang didengar dokter secara anekdot.

Penting juga untuk diingat bahwa COVID-19 memengaruhi setiap orang secara berbeda. "Saya pernah mendengar orang berkata, ada orang dewasa yang mengalami demam hampir 40 derajat Celcius," kata Dr. Rutherford. "Ada juga orang-orang berkata, 'Ini adalah sakit tenggorokan terburuk yang pernah saya alami.' Yang lain mengatakan itu sepele."

Sampai ada lebih banyak orang yang sakit dengan subvarian BA.4 dan BA.5 untuk jangka waktu yang lebih lama, kata Dr. Rutherford, akan sulit untuk menentukan secara spesifik gejala-gejala ini. Tetapi sebagian besar, katanya, "semuanya didominasi oleh masalah pernapasan."

Penyakit yang lebih ringan juga dapat menambah peningkatan transmisibilitas BA.5. Respons tubuh yang biasanya ringan terhadap infeksi BA.4 atau BA.5 berarti seseorang mungkin tidak menyadari bahwa mereka menyebarkan COVID-19.

"Penyakit ringan lebih sulit dideteksi karena orang-orang seperti, 'Saya hanya alergi. Saya akan bekerja,'" kata Dr. Passaretti. "Dan kemudian Anda membuat orang lain terinfeksi."

YesDok Ads