0 Point
Aktivitas makan

Hal yang Perlu Dihindari Setelah Makan

Pepatah mengatakan “Anda adalah apa yang Anda makan”. Ya, melewatkan sarapan, makan berat untuk makan siang atau makan malam hingga menganggap remeh gizi bisa berdampak pada kesehatan kita.

 
Meskipun kita semua tahu bahwa melakukan hal-hal tertentu setelah makan seperti berenang atau berolahraga berat buruk bagi Anda, ada juga banyak kesalahan lain yang mungkin Anda lakukan tanpa sengaja. Dilansir Times of India, berikut beberapa kesalahan lain yang sebetulnya perlu dihindari setelah Anda makan.

 
1. Makan Buah Setelah Makan

Buah-buahan memang sangat sehat untuk Anda makan. Tetapi jika Anda menginginkan nutrisi yang tepat, penting bagi Anda untuk menentukan waktu yang tepat. Buah-buahan menjadi terbaik jika Anda mengkonsumsinya dengan perut kosong, atau sebelum makan. Makan buah setelah makan dapat membatasi penyerapan dan menyebabkan masalah pencernaan juga.

 
2. Bergegas Tidur

Setelah Anda makan, tubuh Anda masih di tengah proses mencerna makanan. Berbaring sejenak atau tidur justru dapat mengganggu pencernaan karena Anda tidak lagi dalam posisi tegak dan masalah ini menyebabkan ketidaknyamanan pada perut Anda. Mulai hari ini, berhentilah tidur atau berbaring usai makan.

 
3. Merokok

Merokok dan konsumsi tembakau merupakan hal buruk, banyak perokok memiliki kebiasaan merokok setelah makan. Ingat bahwa kebiasaan merokok relatif menjadi lebih keras pada perut dan karsinogen yang Anda hirup saat dalam proses pencernaan. Dalam jangka panjang ini dapat menyebabkan masalah seperti IBS dan infeksi usus. Menurut sebuah penelitian bahkan mengatakan jika merokok satu batang rokok setelah makan memiliki efek yang sama dengan merokok 10 batang sekaligus.

 
4. Mengendurkan Sabuk

Pikirkan kembali jika Anda memiliki kebiasaan mengendurkan sabuk usai sesi makan berat. Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengendurkan atau memberi sedikit tekanan di sekitar perut dapat mengganggu proses lambung dan pencernaan, yang dapat menyebabkan masalah pada perut.
 

5. Terlalu Banyak Minum

Tetap terhidrasi memang baik. Namun mengonsumsi banyak air setelah makan dapat mengencerkan sekresi jus lambung dan enzim, yang selanjutnya dapat memicu keasaman. Cara yang sama, termasuk kafein atau teh, dapat menyebabkan masalah dalam penyerapan zat besi, yang Anda miliki dengan makanan Anda. Anda hanya perlu minum secukupnya usai makan untuk mempermudah pencernaan.

(Foto: medicalnews)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok