Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Donor Darah

June 22, 2020 | Iman

Donor darah

Hari Donor Darah Sedunia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 14 Juni, agar orang menjadi lebih sadar akan donor darah. Tidak hanya menyumbangkan darah, donor darah diyakini membuat Anda tetap sehat secara fisik dan mental.

Setiap kali menyumbangkan darah, Anda membantu seseorang dengan masalah kesehatan seperti kanker, korban kecelakaan, bayi prematur atau transplantasi organ.

Sebelum mendonorkan darah, dianjurkan agar Anda mempertahankan diet bergizi dan seimbang. Berikut adalah beberapa tips apa yang harus anda lakukan sebelum menyumbangkan darah.

1. Kecukupan Air 

Jika Anda ingin mendonorkan darah, penting untuk tetap terhidrasi, dimana Dianjurkan untuk minum 2 gelas air tambahan sebelum dan setelah Anda donor darah.

2. Vitamin C 

Vitamin C dapat membantu tubuh Anda lebih baik menyerap zat besi nabati. Anda bisa mengonsumsi Buah-buahan yang kaya vitamin C seperti melon, jeruk, kiwi, mangga, pepaya, nanas, semangka, dan tomat.

YesDok Ads

3. Tidur 

Anda sebaiknya tidur selama delapan jam tidur pada malam harinya sebelum melakukan donor darah.

4. Makanan 

Jangan lewatkan sarapan atau makan siang dengan menu yang sehat sebelum Anda mendonorkan darah.

Sementara itu anda harus menghindari konsumsi Alkohol jika ingin mendonorkjan darah karena Minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi.

Anda juga harus menjauhi Makanan tinggi lemak seperti kentang goreng atau es krim, karena dapat memengaruhi tes pada darah Anda. 

(Foto : Nbcnews.com)

YesDok Ads