Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Hepatitis Alkoholik

August 01, 2019 | Helmi

Hepatitis alkoholik adalah peradangan hati, yang disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama. Kondisi peradangan hati ini diperburuk oleh konsumsi minuman keras dengan jumlah yang banyak.

Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua peminum berat mengembangkan hepatitis alkoholik dan kadang-kadang, dapat juga terjadi pada peminum yang hanya sesekali.

Seseorang yang didiagnosis dengan hepatitis alkoholik harus segera menghentikan konsumsi alkohol, dan jika dilanjutkan, dapat meningkatkan risiko kerusakan hati, sirosis, pendarahan berlebih, dan kematian. Kondisi ini menyebabkan penumpukan lemak dan dapat melukai hati Anda, bersama dengan peradangan.

Kondisi ini muncul ketika konsumsi alkohol mulai merusak hati Anda. Setelah alkohol dalam sistem tubuh Anda diproses, bahan kimia beracun diproduksi yang dapat menyebabkan kerusakan parah pada sel-sel hati Anda.

YesDok Ads

Pengobatan untuk hepatitis alkoholik, langkah pertamanya adalah berhenti minum. Selain itu, terapi perilaku kognitif (CBT) dan obat-obatan diresepkan untuk menghentikan kebiasaan konsumsi alkohol. Langkah-langkah perawatan termasuk obat-obatan, konseling, kelompok pendukung dan program perawatan rawat jalan. Obat-obatan untuk mengurangi peradangan hati seperti kortikosteroid dan pentoksifilin juga harus dikonsumsi.

Sedangkan untuk pencegahannya, konsumsi alkohol hanya dalam jumlah sedang atau hindari jadi opsi yang lebih baik. Lalu jangan mencampur obat apapun dengan alkohol. Selanjutnya pertahankan berat badan yang sehat. Terakhir, lindungi diri Anda dari hepatitis B dan hepatitis C.

(Foto: RD)

YesDok Ads