Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Toilet Umum

December 26, 2019 | Kaifia

Wanita sedang di toilet umum.

Toilet adalah perlengkapan dalam rumah yang kegunaan utamanya sebagai tempat pembuangan kotoran, yaitu air seni dan feses, toilet juga digunakan untuk tempat cuci dan membersihkan tubuh. Tidak hanya di rumah, Keberadaan toilet pun dibutuhkan di berbagai tempat umum seperti terminal, restoran, sekolah, rumah sakit dan fasilitas umum lainnya. 

Namun, tidak semua tempat umum mempunyai toilet yang memenuhi syarat toilet sehat, sehingga risiko bakteri atau kuman yang ada di toilet tersebut berpindah ke setiap pengunjung toilet. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk sebuah toilet umum dikatakan sehat, selagi ada kesempatan memilih, sebaiknya hal-hal berikut Anda perhatikan sebelum menggunakan toilet umum 

 Cukup air bersih

Air bersih yang cukup mengalir adalah syarat sebuah toilet disebut sehat. Jika tidak, maka sebaiknya Anda cari toilet lain saja.

Cukup Udara dan cahaya 

Ventilasi udara yang cukup akan membawa aroma tak sedap keluar dari toilet. Selain itu pencahayaan juga dibutuhkan agar toilet mudah dibersihkan serta tak lembab dan gelap. Beberapa toilet umum biasanya memasang exhaust fan untuk memenuhi kebutuhan udara agar tidak lembab sebab tempat lembab akan jadi rumah nyaman untuk bakteri.

Tempat sampah

YesDok Ads

Sebuah tempat sampah sebaiknya ada di bagian dalam, atau luar toilet. Ini penting bagi sarana kebersihan, terutama untuk membuang tisu atau pembalut wanita.

Wastafel

Usai buang hajat, tangan harus dibersihkan dengan sabun hingga bersih dan bebas kuman. Karena itu sebuah tempat cuci tangan harus disediakan agar penyebaran kuman penyakit terputus. 

Fasilitas lansia dan difabel

Sebuah pegangan untuk tangan di dalam toilet selayaknya ada, untuk membantu lansia dan difabel atau anak-anak. Toilet yang baik akan memperhatikan kepentingan semua pengguna, tak hanya orang normal saja.

(Foto: theonion.com)

YesDok Ads