Hal Sederhana untuk Tingkatkan Metabolisme

October 18, 2021 | Iman

Makanan kaya protein dan serat

Peningkatan metabolisme adalah kunci untuk menurunkan berat badan. Metabolisme juga cepat membantu menjaga Anda tetap sehat secara keseluruhan.

Nutrisi yang Anda makan, apakah diserap oleh tubuh, jika kalori yang Anda makan dibakar dengan berolahraga, itu semua tergantung pada metabolisme Anda. Berikut adalah beberapa perubahan harian yang dapat membantu meningkatkan metabolisme.

Tambahkan protein dan serat

Makanan kaya protein dan serat baik untuk tubuh Anda. Protein membantu dalam membangun otot dan serat membuat Anda kenyang lebih lama dan dengan demikian menghentikan Anda dari makan berlebihan. Meningkatkan jumlah protein dalam diet harian Anda tidak hanya menghentikan pesta makan Anda, tetapi juga membantu Anda menurunkan berat badan.

Tetap terhidrasi

Menjaga diri Anda terhidrasi sangat penting untuk tetap sehat. Tubuh yang terhidrasi membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik. Jadi, pastikan untuk minum banyak air sepanjang hari dan termasuk minuman lain seperti air kelapa, limun, jus sayuran dan jus buah untuk detoksifikasi tubuh.

Bekerja dan tetap aktif

Duduk berjam-jam dapat memberi Anda masalah kesehatan. Seseorang harus melakukan aktivitas fisik dalam bentuk apa pun yang mereka suka. Aktif secara fisik tidak hanya baik untuk kesehatan fisik tetapi juga kesehatan mental. Berolahraga setidaknya lima hari seminggu selama 40-45 menit setiap hari.

Tidur

Tidur selama 6-8 jam penting untuk meremajakan tubuh Anda. Tidur adalah waktu ketika tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri. Tidur malam yang baik memberi Anda energi yang cukup untuk hari berikutnya.

YesDok Ads

Lakukan latihan intensitas tinggi

Latihan interval intensitas tinggi melibatkan aktivitas yang cepat dan intens. Ini membantu Anda membakar lebih banyak lemak dengan meningkatkan tingkat metabolisme, bahkan setelah Anda selesai berolahraga.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang kelebihan berat badan menemukan bahwa 12 minggu latihan intensitas tinggi mengurangi BMI mereka sebesar 2 kilo dan lemak perut sebesar 17 persen.

Makan makanan pedas

Paprika memiliki capsaicin, zat yang dapat meningkatkan metabolisme Anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa capsaicin dalam dosis kecil dapat membantu Anda membakar 10 kalori lebih banyak setiap kali makan.

Ganti minyak goreng dengan minyak kelapa

Minyak kelapa relatif tinggi lemak rantai menengah dibandingkan dengan lemak jenuh lainnya. Lemak rantai menengah dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda lebih dari lemak rantai panjang yang ditemukan dalam makanan seperti mentega.

Sebuah studi menemukan bahwa lemak rantai menengah meningkatkan metabolisme sebesar 12 persen dibandingkan dengan lemak rantai panjang, yang hanya meningkatkan metabolisme sebesar 4 persen.

(Foto: unsplash/Greg Rosenke)

YesDok Ads