Hal Ini Berpengaruh Pada Tinggi Badan Anak

June 05, 2022 | Aqiyu

Hal Ini Berpengaruh Pada Tinggi Badan Anak

Semua orang tua menginginkan pertumbuhan anaknya yang normal dan sehat sesuai dengan usianya. Begitu juga dengan  tinggi badan anak yang terkadang menjadi kekhawatiran para orang tua. Agar pertumbuhan si kecil optimal sebaiknya orang tua mengetahui hal apa saja yang dapat memengaruhi tinggi badan anak

Pertumbuhan anak dapat dipantau dari tinggi badannya. Untuk memaksimalkan pertumbuhan anak, Anda dapat memberikan makanan bergizi, memberikan susu, pastikan anak cukup tidur dan rutin berolahraga. Berikut ini hal yang juga memengaruhi tinggi badan anak yang wajib diketahui orang tua:

sebagai berikut:

Keturunan

Keturunan dapat memenngaruhi tinggi badan anak. Menurut sebuah penelitian menyebutkan bahwa sekitar 60-80% perbedaan tinggi badan antar individu ditentukan oleh faktor genetik. Seiring bertambahnya usia, factor keturunan pada tinggi badan akan semakin meningkat. Karena pada awal kehidupan factor keturunan hanya berperan kecil terhadap tinggi badan anak. 

Nutrisi

Sekitar 30-40% tinggi badan anak dipengaruhi oleh nutrisi yang didapat si kecil. Tercukupinya nutrisi anak dimulai sejak ia dalam kandungan. Untuk itu, pola makan ibu hamil harus dapat memenuhi gizi dan nutrisi yang seimbang. Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan asam folat. Kandungan makanan tersebut berpengaruh pada pertumbuhan anak seperti tinggi anak.

YesDok Ads

Jenis Kelamin

Fakta yang harus diketahui oleh para orang tua adalah jenis kelamin ternyata menjadi faktor yang memengaruhi tinggi badan anak. Anak laki-laki cenderung lebih tinggi dari perempuan dan anak laki-laki dapat terus tumbuh lebih lama dibandingkan anak perempuan. Rata-rata, pria dewasa akan memiliki tinggi sekitar 14 cm lebih tinggi dari wanita dewasa.

Masalah hormon

Produksi hormone pada tubuh anak akan mendukung pertumbuhan untuk membuat tulang baru. Hormon ini meliputi hormone pertumbuhan, hormone tiroid dan hormone seks yang memengaruhi pertumbuhan anak termasuk tinggi badan anak.

Cacat Bawaan

Bayi yang lahir dengan cacat bawaan dapat memengaruhi tinggi badannya di masa depan. Cacat bawaan yang memengaruhi tinggi badan anak adalah kelainan tulang langka yang menyebabkan tubuh kerdil. Cacat bawaan ini bisa diwariskan dari keluarga.

 (Foto: RCPCH)

YesDok Ads