Haid 2 Kali dalam Sebulan, Apa Penyebabnya?

September 27, 2022 | Claudia

Haid 2 Kali Sebulan

Menstruasi atau haid merupakan hal normal yang dialami oleh semua wanita di dunia. Walau begitu, tetap ada saja masalah yang bisa membuat khawatir, misalnya haid 2 kali dalam sebulan. Apakah haid 2 kali dalam sebulan ini berbahaya?

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami haid 2 kali dalam sebulan, misalnya saja siklus haid. Siklus haid dihitung dari hari pertama menstruasi, sampai hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Normalnya, siklus haid wanita berlangsung antara 21 sampai 35 hari.

Untuk melihat apakah siklus haid Anda teratur setiap bulannya, maka sangat disarankan bagi Anda untuk mencatat setiap kali Anda haid. Dengan mencatat siklus haid, Anda bisa melihat, apakah siklus haid yang Anda alami normal atau malah tidak normal. Terlambat atau lebih cepat seminggu dari siklus haid Anda seharusnya adalah hal yang normal, dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Sementara itu, bagaimana dengan wanita yang haid 2 kali sebulan? Siklus haid yang tidak teratur bisa menyebabkan seorang wanita mengalami haid 2 kali sebulan, atau bahkan tidak mengalami haid sama sekali.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab haid 2 kali dalam sebulan:

Infeksi organ reproduksi

Haid 2 kali dalam sebulan juga bisa menjadi gejala atau tanda infeksi vagina, infeksi serviks atau leher rahim. Atau infeksi menular seksual. Infeksi yang menyerang organ reproduksi biasanya juga menimbulkan gejala lain, seperti vagina gatal atau terasa panas, berbau tidak sedap, dan terasa sakit atau panas saat buang air kecil.

Stres

Stres juga bisa mengacaukan siklus haid Anda, dan mengakibatkan haid 2 kali dalam sehari. Hormon yang merangsang ovarium untuk berovulasi berasal dari otak. Sementara itu, bagian dari otak ini turut juga dalam mengendalikan stres, sehingga dua kondisi ini saling berkaitan.

Berat badan berubah

Kenaikan atau penurunan berat badan yang berlangsung dalam waktu singkat, juga berpengaruh terhadap hormon yang mengontrol siklus haid. Tak hanya itu, wanita yang obesitas juga rentan mengalami haid 2 kali dalam sebulan.

Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi ketika lapisan rahim, justri berkembang di berbagai jaringan atau organ lain di luar rahim. Kondisi ini bisa menyebabkan haid 2 kali dalam sebulan.

Beberapa gejala endometriosis lainnya adalah keram menstruasi yang terasa sangat sakit, mual, muntah, kelelahan, nyeri saat berhubungan seksual, dan buang air besar yang terasa sangat sakit.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik adalah gangguan keseimbangan hormon yang memengaruhi proses reproduksi wanita. Beberapa gejala lain dari sindrom ovarium polikistik yakni, rambut rontok, berat badan yang tidak terkontrol, gangguan kesuburan,dan lain-lain.

Gangguan pada rahim

Beberapa masalah atau gangguan pada rahim seperti tumbuhnya polip, miom, tumor, atau bahkan kanker, bisa menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur, sehingga seseorang bisa saja mengalami haid 2 kali dalam sebulan.

Tak hanya siklus haid yang tidak teratur, gangguan pada rahim juga menyebabkan sejumlah gejala lainnya, seperti nyeri punggung, perut kembung, sakit saat berhubungan seksual, dan anemia.

(Foto: news18.com)

YesDok Ads