Gusi Berdarah, Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

April 06, 2022 | Claudia

Gusi Berdarah

Dalam kebanyakan kasus, gusi berdarah dapat diobati di rumah. Kebersihan mulut yang baik dan pengobatan alami dapat mengatasi dan mencegah pendarahan gusi di kemudian hari.

Pendarahan pada gusi merupakan kondisi umum yang biasanya tidak serius. Anda mungkin pernah melihat darah keluar ketika menyikat gigi atau melakukan flossing gigi.

Alasan paling umum dari kondisi ini adalah penumpukan plak atau karang gigi. Ini memungkinkan bakteri tumbuh di sepanjang garis gusi. Sementara itu, menjaga kebersihan mulut dengan baik dapat mencegah sensitivitas dan pendarahan.

Penyebab umum dari kondisi gusi sensitif dan mudah berdarah antara lain:

  • Jarang menyikat gigi, atau tidak menyikat gigi dua kali sehari
  • Menggunakan sikat gigi dengan bulu yang terlalu keras atau kaku
  • Menggunakan sikat gigi yang sudah lama, dengan bulu sikat yang sudah berantakan
  • Menggunakan benang gigi atau melakukan flossing gigi secara kasar
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti pengencer darah, aspirin, atau ibuprofen
  • Menderita gingivitis, atau penyakit gusi stadium awal

Berikut beberapa cara untuk mengatasi gigi sensitif:

Menggunakan kain kasa

Seperti halnya pendarahan di bagian tubuh lainnya, Anda dapat menggunakan kain kasa untuk membantu menghentikan pendarahan gusi dengan segera. Tekan perlahan kain kasa pada gusi yang berdarah hingga darah berhenti mengalir.

YesDok Ads

Seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah atau kondisi medis lainnya mungkin menemukan bahwa gusi mereka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terhenti dari pendarahan.

Kompres es

Anda juga bisa mengompres gusi yang bengkak dan berdarah dengan kompres es. Kompres es sangat membantu untuk meredakan cedera mulut ringan yang menyebabkan pembengkakan. Kompres es juga bisa membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang disebabkan oleh radang gusi.

Menggunakan obat kumur

Obat kumur antibakteri dapat mengobati dan mencegah gusi berdarah di kemudian hari. Penggunaan obat kumur dapat membantu membunuh bakteri dan mengurangi peradangan untuk menenangkan gusi yang sakit, bengkak, dan berdarah.

Obat kumur juga bisa mengobati dan mencegah radang gusi, yang merupakan penyebab umum dari gusi berdarah.

(Foto: beautifulsmilesindy.com)

YesDok Ads