Gula Aren Lebih Sehat Dari Gula Pasir, Benarkah?

January 23, 2022 | Aqiyu

gula aren

Saat ini gula aren bisa dibilang sedang naik daun. Hampir di setiap coffee shop terdapat menu dengan gula aren. Gula aren memang memiliki citarasa yang khas dan berbeda dengan gula lainnya. Bahkan gula aren yang populer di kalangan pecinta kopi ini disebut-sebut lebih sehat dibandingkan gula pasir.Lalu, benarkah demikian?

Banyak yang beranggapan bahwa gula aren lebih sehat daripada gula pasir. Dari sisi glikemik, gula aren lebih unggul dibandingkan gula pasir. Nilai glikemik gula aren lebih rendah dari gula putih. Gula putih memiliki nilai indeks glikemik di angka 100, sedangkan gula aren hanya 35. Ini alasan kenapa gula aren sering dijadikan alternatif sebagai pemanis.

Gula aren mengandung nutrisi diantaranya kalium, zinc, zat besi, magnesium dan serat inulin. Selain itu, gula aren juga mengandung vitamin B8 (inositol), asam folat, vitamin B1 (tiamin), dan vitamin B2 (riboflavin) yang berfungsi membentuk sel-sel sehat. Namun nutrisi tersebut hanya tersedia dalam kadar yang rendah.

YesDok Ads

Sementara dalam proses pembuatannya, gula aren umumnya lebih alami. Sehingga zat tertentu yang terkandung didalamnya tidak mengalami kerusakan dan tetap utuh. Proses penyulingannya pun tidak dilakukan berkali-kali atau menggunakan bahan untuk memurnikannya. Dan, terkait gula aren lebih sehat belum diketahui dengan pasti. Dalam mengonsumsinya pun tetap harus dibatasi dan tidak boleh berlebihan. Karena diketahui gula aren juga mengandung kalori dari fruktosa dan sukrosa yang tinggi.

Bagi Anda yang ingin menambahkan pemanis bisa menggunakan stevia. Stevia merupakan ramuan paraguay yang sudah digunakan ratusan tahun. Stevia memiliki rasa manis berkali-kali lipat dari gula. Bahkan stevia tidak mengandung kalori dan umumnya aman bagi kadar gula dalam darah.

(Freepik)

YesDok Ads