Gejala Tubuh Anda Kurang Asupan Karbohidrat

July 08, 2022 | Helmi

karbo

Karbohidrat adalah salah satu kandungan penting dalam makanan selain lemak dan protein. Mengurangi karbohidrat sering dianggap sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Tetapi tanpa konsumsi karbohidrat sama sekali juga bisa membahayakan kesehatan Anda.

“Tidak ada alasan bagus untuk mengurangi atau menghilangkan karbohidrat dari diet Anda, kata Nichola Ludlam-Raine, ahli diet terdaftar.

Ludlam-Raine mengatakan bahwa tanda-tanda fisik – termasuk kelelahan, kabut otak, dan kesulitan pulih setelah berolahraga – dapat menunjukkan bahwa Anda tidak makan cukup karbohidrat.

"Diet rendah karbohidrat telah populer selama beberapa tahun, bahkan beberapa dekade sekarang, tetapi mengurangi asupan karbohidrat Anda dapat menimbulkan masalah lainnya," kata Ludlam-Raine.

Berikut ini adalah sejumlah tanda bahwa tubuh Anda kekurangan asupan karbohidrat.

1. Kurang energi

Karbohidrat adalah sumber utama bahan bakar tubuh, jadi jika Anda mengurangi asupan karbohidrat secara signifikan, Anda mungkin akan melihat penipisan tingkat energi dalam tubuh Anda.

"Tubuh kita dapat menggunakan sumber bahan bakar lain (seperti lemak), meskipun karbohidrat mampu menyediakan sumber energi yang lebih cepat untuk memungkinkan kita berfungsi secara optimal, baik secara kognitif maupun fisik," katanya.

2. Kabut otak

YesDok Ads

Otak membutuhkan glukosa, yang dipecah dari karbohidrat, agar berfungsi secara optimal. “Ketika Anda belum mengonsumsi cukup karbohidrat, Anda mungkin menemukan diri Anda dalam suasana hati yang buruk dan kesulitan untuk berkonsentrasi,” kata Ludlam-Raine.

"Mengkonsumsi karbohidrat bersama protein membantu mendukung produksi triptofan, yang kemudian diubah menjadi serotonin, juga dikenal sebagai hormon bahagia," katanya.

Ludlam-Raine merekomendasikan untuk mendapatkan karbohidrat Anda sebagian besar dari biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran, karena ini menyediakan serat dan nutrisi penting untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan mental secara keseluruhan.

3. Lebih sedikit energi untuk berolahraga

Tubuh menyimpan karbohidrat sebagai glikogen di hati dan otot. Ini digunakan untuk energi dan dengan demikian bermanfaat untuk berolahraga, baik itu berlari, bersepeda, atau berolahraga di gym.

4. Kesulitan pulih dari latihan

Karbohidrat tidak hanya bermanfaat untuk memicu latihan, tetapi juga membantu pemulihan dari latihan.

"Setelah kita berolahraga, tubuh kita perlu mengisi kembali simpanan glikogennya yang telah habis selama berolahraga, dan oleh karena itu dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat bersama protein untuk mendukung pemulihan dan memungkinkan Anda untuk merasakan yang terbaik sebelum latihan berikutnya," jelas Ludlam-Raine.

Jika tubuh Anda tidak pulih secara efisien, Anda mungkin mengalami nyeri otot lebih lama setelah berolahraga, memiliki lebih sedikit energi saat Anda pergi ke gym, dan membuat kemajuan yang lebih lambat.

YesDok Ads