Gejala Reaksi Alergi Pada Wajah

October 24, 2021 | Kaifia

Reaksi alergi pada wajah

Dampak reaksi alergi bisa memengaruhi seluruh tubuh termasuk wajah. Hal tersebut bisa menyebabkan munculnya bekas luka, bibir bengkak serta mata berair.

Alergi mungkin bisa menjadi umum terjadi pada wajah karena kulit lebih sensitif di area ini dan berbagai produk kecantikan lebih banyak digunakan di wajah.

Ketika tubuh Anda terpapar oleh alergen ini, hal tersebut bisa menyebabkan gejala ringan seperti iritasi kulit, mata berair dan bersin.

Pada beberapa orang, alergi bisa menyebabkan anafilaksis. Istilah medis tersebut menggambarkan kondisi yang mengancam jiwa. Anafilaksis mampu memicu syok, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba dan kesulitan bernapas.

Gejala

Gejala reaksi alergi bisa berbeda-beda, tergantung pada zat pemicunya atau yang dikenal dengan alergen.

Gejala reaksi alergi pada wajah dapat meliputi

  • Ruam atau gatal-gatal
  • Area kulit yang bengkak
  • Sensasi gatal dan menyengat
  • Lidah bengkak
  • Mata memerah
  • Bibir dan mata bengkak

Umumnya, gejala akan berkembang dalam hitungan detik atau menit, atau secara bertahap selama beberapa jam. Gejalanya biasanya termasuk ringan namun dalam kasus tertentu, mereka bisa menyebabkan anafilaksis yang dapat mengancam jiwa.

YesDok Ads

Pengobatan

Pengobatan untuk mengatasi reaksi alergi yang muncul pada wajah bisa termasuk

Antihistamin

Antihistamin bisa mengurangi pembengkakan, kemerahan, gatal serta ruam pada wajah. Jika seseorang mengetahui bahwa mereka bersentuhan langsung dengan alergen, mereka bisa meminum antihistamin terlebih dahulu untuk mengurangi reaksi alergi.

Kompres dingin

Kain yang sejuk dan lembab mampu meredakan rasa gatal dan mengurangi peradangan. Anda bisa menggunakannya kapanpun diperlukan untuk mengurangi ketidaknyamanan.

Imunoterapi

Untuk seseorang dengan alergi parah atau persisten, dokter dapat merekomendasikan imunoterapi. 

YesDok Ads