0 Point
Psoriasis pada anak

Gejala Psoriasis Pada Anak yang Perlu Diperhatikan

Psoriasis merupakan kondisi gangguan kulit yang menyebabkan sel-sel kulit berkembang jauh lebih cepat dari biasanya dan tidak rontok seperti seharusnya. 

Anda mungkin mengkhawatirkan efek penyakit peradangan kronis pada kulit namun penting untuk diketahui bahwa berbagai perawatan tersedia untuk membantu si kecil dengan kondisi ini untuk hidup lebih nyaman. Psoriasis dapat diturunkan dari generasi ke generasi.

Menurut studi tahun 2014, apabila salah satu orang tua menderita psoriasis, kemungkinan seorang anak juga cenderung sekitar 16% memilikinya. Jika kedua orang tua memiliki riwayat psoriasis maka peluang si kecil untuk mengembangkannya meningkat hingga 50%.

Gejala

Psoriasis memiliki gejala yang berbeda antara anak-anak dan orang dewasa. Berikut adalah beberapa gejala psoriasis yang dialami oleh anak

  • Sisik parah di kulit kepala
  • Gatal dan nyeri
  • Dermatitis di sekitar area popok
  • Perubahan warna pada kuku
  • Kulit kering 
  • Plak yang mirip dengan gejala orang dewasa di lengan dan kaki

Bagi si kecil dengan psoriasis, kondisi ini cenderung muncul pertama kali di kulit kepala. Hal ini juga termasuk umum bagi psoriasis untuk memengaruhi bagian kuku mereka.

Kemungkinan psoriasis tidak bisa hilang sepenuhnya. Selama beraktivitas fisik, anak akan mengembangkan lebih banyak gejala. Dalam beberapa minggu atau bulan, gejalanya dapat membaik.

Pengobatan

Pengobatan untuk psoriasis fokus pada pengurangan keparahan gejala dan membantu mengatasi stres emosional akibat psoriasis. 

Perawatan topikal

Jenis perawatan ini dapat mengurangi gejala psoriasis ringan hingga sedang. Mereka berbentuk obat dan juga pelembab.

Terapi cahaya

Jenis pengobatan ini seperti laser dapat membantu mengurangi keparahan gejala.Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk memilih pengobatan terapi cahaya.

Perubahan gaya hidup

Mengendalikan pemicu bisa menjadi salah satu pertahanan terbaik dalam melawan psoriasis. Berolahraga, tidur yang cukup dan mengonsumsi makanan anti-inflamasi yang seimbang akan membantu menjaga kesehatan tubuh.

(Foto: sharecare.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok