Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Bisul di Vagina

November 22, 2022 | Helmi

bisul di vagina

Bisul vagina adalah benjolan berisi nanah yang menyakitkan yang berkembang di bawah kulit di area vagina. Biasanya terjadi ketika bakteri Staphylococcus aureus (biasa disebut staph) menginfeksi kantung yang berisi akar rambut dan kelenjar minyak (folikel rambut). Ketika folikel rambut terinfeksi, itu disebut folikulitis. 

Bisul vagina juga dapat berkembang dari luka di kulit akibat bercukur dengan pisau cukur atau luka lain di area tersebut. Bakteri tersebut akan masuk ke dalam tubuh melalui kulit dan menyebabkan infeksi.

Bisul ini menjadi lebih menyakitkan saat tumbuh. Akhirnya mereka akan pecah dan mengering. Bisul dapat berkembang di labia (bibir vagina), di daerah kemaluan (di mana rambut kemaluan tumbuh) atau di daerah vulva di sekitar vagina Anda. Beberapa wanita akan mendapatkannya di lipatan kulit selangkangan. Menurut cleaveland clinic, bisul di vagina bisa tumbuh sebesar bola golf.

Bisul biasanya tidak serius. Sebagian besar akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Dalam beberapa kasus, bisul vagina mungkin memerlukan perawatan medis untuk menghilangkan infeksi dan mengurangi rasa sakit.

Gejala

Bisul vagina bisa mulai kecil dan bisa menyerupai jerawat atau iritasi akibat bercukur atau lecet. Setelah tumbuh dan menjadi nyeri, Anda mungkin mengalami infeksi. Gejalanya mungkin meliputi:

  • Bengkak, benjolan merah jauh di dalam kulit.
  • Menyakitkan untuk disentuh.
  • Mengembangkan pusat berisi nanah berwarna putih atau kuning yang mungkin pecah.
  • Dapat mengeluarkan cairan bening atau mengembangkan kerak.
  • Demam atau pembengkakan kelenjar getah bening.

Penyebab

Bisul disebabkan oleh infeksi staphylococcus (staph), sejenis bakteri yang ditemukan di kulit dan di dalam hidung. Itu hanya menyebabkan masalah ketika masuk ke dalam tubuh. 

Saat bakteri masuk ke area kulit yang terbuka, benjolan berisi cairan atau nanah akan terbentuk. Ini adalah cara tubuh Anda mencoba menghilangkan infeksi. Beberapa penyebab bisul antara lain:

  • Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menyebabkan bisul berkembang di antara lipatan kulit Anda.
  • Kebersihan yang buruk. Cuci area genital Anda dengan sabun dan air setiap hari dan setelah berolahraga.
  • Diabetes atau kondisi lain yang melemahkan sistem kekebalan mengurangi kemampuan Anda untuk melawan infeksi.
  • Pakaian ketat, terutama pakaian dalam yang kotor atau berkeringat.
  • Rambut tumbuh ke dalam yang disebabkan oleh mencukur, merawat atau waxing area vagina Anda.
  • Gigitan serangga, luka pada kulit atau jerawat.
  • Anda memiliki kontak dekat dengan seseorang yang menderita bisul.

Apakah bisul vagina menular?

YesDok Ads

Ya, bisul vagina bisa menular karena merupakan infeksi yang bisa menyebar dari kontak kulit ke kulit. Jika Anda memiliki bisul di daerah kemaluan Anda, Anda harus:

  • Cuci tangan Anda dengan sabun sebelum dan sesudah menyentuh area yang terinfeksi.
  • Jaga agar area tetap bersih dan kering, terutama jika bisul mulai mengering.
  • Hindari berbagi barang pribadi seperti handuk dan pakaian sampai bisul sembuh.

Cara Mengobati

Kebanyakan bisul vagina dapat diobati di rumah tanpa bantuan medis. Untuk perawatan di rumah, Anda harus:

Oleskan kompres hangat dan lembap ke area tersebut tiga hingga empat kali sehari. Ini membantu menarik nanah ke permukaan dan mendorong bisul untuk mengering. Gunakan handuk baru setiap kali melakukannya.

Jangan pernah memencet atau meletuskan bisul sendiri. Ini dapat menyebabkan lebih banyak rasa sakit dan menyebarkan infeksi. Kenakan pakaian longgar untuk mencegah gesekan dan iritasi pada area tersebut.

Minum obat pereda nyeri yang dijual bebas untuk rasa tidak nyaman. Jaga kebersihan area vagina dengan sabun dan air. Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah menyentuh area yang terinfeksi.

Bersihkan bisul dan tutupi dengan perban longgar setelah mulai mengering.

Perawatan medis

Anda mungkin akan diberi resep antibiotik untuk membantu penyembuhan infeksi atau jika Anda mengalami infeksi berulang.

Jika bisul besar atau tidak hilang dengan perawatan di rumah, penyedia layanan kesehatan atau dokter akan membuat sayatan kecil untuk mengeluarkan nanah dari bisul.

YesDok Ads