Gejala Kanker Kolorektal pada Individu Muda

March 15, 2022 | Iman

Kanker kolorektal

Usus besar dan rektum merupakan bagian integral dari saluran pencernaan yang memainkan peran penting dalam ekskresi. Sedangkan usus besar merupakan bagian terpanjang dari usus besar dan berperan sebagai penghubung antara usus halus dan anus.

Daerah kolorektal atau ujung usus besar sangat rentan terhadap kanker pada orang tua, studi ini ditemukan pada populasi yang lebih tua. Namun, penelitian terbaru menunjukkan perubahan signifikan, dikatakan generasi muda lebih rentan terhadap kanker.

Dalam kasus kanker usus besar, kemungkinan orang yang lebih muda terkena itu dua kali lipat dibandingkan dengan yang lebih tua.

Diklaim bahwa gaya hidup menetap kontemporer bertanggung jawab sebagian besar untuk generasi muda yang menjadi mangsa penyakit fatal tersebut. Selain itu, ada beberapa dugaan alasan yang sama yang perlu studi lebih jauh.

Berikut adalah lima gejala kanker kolorektal yang tidak boleh Anda abaikan, berapa pun usia Anda.

1.Turun berat badan

Kehilangan berat badan tiba-tiba tanpa alasan yang jelas, dan bukan hanya satu atau dua kilo, tetapi jumlah yang cukup besar merupakan tanda peringatan yang pasti. Pastikan Anda tidak mengabaikan penurunan berat badan yang tidak normal dan lakukan tes sebelum terlambat.

2. Perubahan buang air besar

Perubahan frekuensi, bentuk, atau jumlah tinja merupakan gejala kanker yang sebagian besar terdeteksi pada stadium lanjut pada individu muda. Pastikan bahwa segera setelah Anda melihat pola anomali seperti itu.

3. Kram perut

Jika Anda tidak melihat alasan yang jelas untuk terjadinya kram, maka itu tidak normal dan Anda harus lebih memperhatikannya. Sayangnya jika Anda tidak melihat alasan yang jelas untuk terjadinya kram, maka itu tidak normal dan Anda harus lebih memperhatikannya.

4. Diare atau konstipasi yang persisten

Gangguan pencernaan seperti diare atau sembelit kemungkinan besar terjadi jika Anda makan terlalu banyak atau makan makanan yang tidak higienis. Namun, keberlangsungan dari salah satu gangguan ini bisa menjadi tanda peringatan bagi Anda untuk mendapatkan tes diagnosis.

5. Tinja berdarah

Jika Anda menemukan darah gelap di tinja Anda meskipun Anda tidak menderita sembelit atau gangguan pencernaan lainnya, kemungkinan besar itu adalah tanda kanker kolorektal. Dianjurkan untuk segera melakukan tes kolonoskopi.

(Foto: pixabay)

YesDok Ads