0 Point
Gangguan bipolar

Gejala Gangguan Bipolar pada Anak

Gangguan bipolar adalah gangguan mental yang mengakibatkan seseorang mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem dan berpengaruh pada kehidupan sehari-hari mereka. Gangguan ini bisa dialami oleh siapa saja baik orang dewasa, anak remaja maupun anak-anak.

Ketika seorang anak mengalami episode depresi, mereka mungkin memiliki energi yang rendah dan kehilangan minat pada aktivitas yang pernah dinikmati.

Saat episode manik terjadi, orang tua mungkin memperhatikan anak mereka memiliki banyak energi.

Berikut ada 3 jenis gangguan bipolar dengan masing-masing karakteristik yang berbeda

Bipolar I

Orang dengan bipolar I biasanya mengalami episode manik yang berlangsung selama 7 hari. Jika episode ini sangat parah, penderita bipolar I memerlukan perawatan medis.

Bipolar II

Penderita bipolar II mengalami episode depresi dan hipomanik dimana kondisi berupa kesedihan secara terus menerus dan lekas merah.

Gangguan siklotimia

Gangguan siklotimia merupakan gangguan suasana hati yang menyebabkan naik turunnya emosi namun tidak separah gangguan bipolar.

Seseorang dengan penderia ini masih bisa berfungsi menjalankan kehidupan sehari-hari.

Gejala bipolar pada anak

Setiap episode yang dialami oleh si anak dapat berlangsung selama beberapa hari atau berminggu dan gejalanya dapat berubah sepanjang hari

Gejala episode manik termasuk

  • Membuat keputusan yang berisiko
  • Menunjukkan kebahagian yang ekstrem
  • Berbicara cepat
  • Kehilangan kemampuan untuk fokus
  • Pikiran yang selalu membalap
  • Kesulitan tidur

Anak yang memiliki gangguan bipolar dapat mengalami kesulitan dalam memahami kondisinya dan mungkin mereka sering terasa terisolasi. Oleh karena itu, penting untuk orang tua dan anggota keluarga untuk memberikan dukungan untuk membantu mengatasi gejalanya.

Selain mengonsumsi obat-obatan, terapi bicara bisa memungkinkan anak mengenali kapan mereka mengalami episode-episode tersebut. Dengan bantuan profesional, si kecil bisa belajar mengenali dan mengendalikan gejala mereka.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok