Gejala Folikulitis yang Perlu Diperhatikan

November 16, 2021 | Kaifia

Folikulitis

Berbagai macam kondisi kulit bisa menyebabkan bintik-bintik merah pada kulit kepala. Meskipun banyak yang tidak mampu disembuhkan, berbagai perawatan dapat meringankan gejalanya.

Istilah medis dari kondisi ini yaitu folikulitis atau inflamasi yang memengaruhi folikel rambut Anda. Ini adalah lubang di kulit Anda yang menahan akar rambut Anda.

Umumnya, folikulitis disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri yang terjadi ketika Anda merusak folikel rambut. Hal ini dapat memengaruhi bagian tubuh manapun termasuk kulit kepala.

Gejala

Folikulitis awalnya menyebabkan benjolan merah kecil yang terlihat seperti jerawat namun seiring waktu bisa menyebar ke folikel lain dan benjolannya mungkin menjadi lebih besar dan meradang.

Gejalanya termasuk

  • Sensasi terbakar dan menyengat 
  • Gatal-gatal 
  • Rasa nyeri
  • Sekelompok benjolan merah kecil di kulit kepala
  • Luka yang mengeluarkan nanah 

Pengobatan rumahan 

Biasanya, kasus folikulitis ringan bisa ditangani di rumah. 

YesDok Ads

Berikut adalah beberapa pengobatan rumahan yang bisa Anda coba

Kompres hangat

Metode kompres hangat ini bisa membantu menenangkan kulit kepala Anda dan mengeringkan nanah. 

Terapkan kain hangat dan lembab ke kulit Anda beberapa kali sehari. 

Sabun antibakteri

Apabila folikulitis kulit kepala terletak di sepanjang garis rambut Anda, cuci kulit kepala dengan lembut selama 2 hari sekali menggunakan sabun antibakteri dan keringkan area tersebut dengan handuk bersih. 

Sampo anti ketombe 

Mencuci kulit kepala Anda dengan sampo anti ketombe yang mengandung agen anti jamur dapat membantu meredakan gejala folikulitis ringan.

YesDok Ads