Gejala Awal Serangan Jantung Bagi Wanita

December 03, 2019 | Kaifia

Serangan jantung merupakan kejadian yang bisa mengancam jiwa disebabkan oleh gangguan aliran darah ke jantung. Mengetahui gejala spesifik serangan jantung wanita dapat membantu seseorang mencari perhatian medis lebih cepat, yang dapat menyelamatkan hidup mereka.

Wanita memiliki kemungkinan kecil untuk selamat dari serangan jantung pertama dibandingkan dengan pria. Kondisi ini dikarenakan gejalanya berbeda di antara kedua jenis kelamin. Wanita lebih cenderung mengalami serangan jantung "diam" atau menunjukkan gejala yang tidak biasa.

Gejala awal serangan jantung pada wanita

Banyak orang mengira serangan jantung datang secara tiba-tiba. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa wanita mengalami gejala selama beberapa minggu sebelum serangan jantung.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2003 dari 515 wanita yang pernah mengalami serangan jantung, melaporkan 80 persen wanita memiliki setidaknya 1 gejala setidaknya 4 minggu sebelum terkena serangan jantung.

Gejala mungkin konstan atau datang dan pergi, dan mereka juga dapat mengganggu pola tidur. Berikut gejala awal serangan jantung pada wanita.

Nyeri dada

Gejala yang paling umum dari serangan jantung pada pria dan wanita adalah nyeri dada atau ketidaknyamanan.

Namun, wanita dapat mengalami serangan jantung tanpa merasa tidak nyaman di dada.

Kelelahan ekstrim

Wanita akan mengalami rasa lelah ekstrim dalam minggu-minggu menjelang serangan jantung. Kelelahan juga dialami sesaat sebelum serangan terjadi.

Bahkan kegiatan sederhana yang tidak membutuhkan banyak tenaga dapat menyebabkan perasaan kelelahan.

Kelelahan

Merasa lemah atau goyah adalah gejala akut umum dari serangan jantung pada wanita.

Kelemahan atau goncangan ini dapat disertai oleh:

  • Kegelisahan

  • Pusing

  • Pingsan

    YesDok Ads

  • Merasa ringan kepala

Sesak napas

Napas pendek atau napas berat tanpa aktivitas, terutama jika disertai dengan kelelahan, mungkin menunjukkan masalah jantung.

Beberapa wanita mungkin merasa sesak napas saat berbaring, dengan gejala mereda ketika mereka duduk tegak.

Tidur terganggu

Hampir setengah dari wanita dalam studi 2003 melaporkan masalah dengan tidur di minggu-minggu sebelum mereka mengalami serangan jantung.

Gangguan ini mungkin melibatkan:

  • Sulit tidur

  • Bangun tidak biasa sepanjang malam

  • Merasa lelah meski sudah cukup tidur

Kapan harus menemui dokter?

The British Heart Foundation merekomendasikan bagi setiap wanita diatas umur 40 tahun untuk melakukan pemeriksaan teratur dengan dokter. Ini membantu mengidentifikasikan faktor risiko awal. Intervensi dini mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit jantung.

Siapapun yang memperhatikan tanda-tanda peringatan serangan jantung, seperti yang berikut, harus segera mengunjungi dokter:

  • Kelelahan yang tidak biasa.

  • Sesak napas.

  • Nyeri tubuh bagian atas.

(Foto: metro.co.uk)

YesDok Ads