Fungsi Lacrimal Punctum, Lubang Kecil di Kelopak Mata Bawah

June 21, 2020 | Aqiyu

Mata

Organ tubuh manusia diciptakaan bukan tanpa alasan. Setiap organ yang berada diseluruh tubuh manusia memiliki fungsinya masing-masing. Namun tidak semua orang mengetahui fungsinya. Terkadang pula keberadaannya tidak semua orang menyadarinya dan mengira bahwa hal tersebut adalah sebuah kelainan.

Mata merupakan organ penting bagi manusia untuk melihat. Mata memiliki banyak bagian, seperti bagian kelopak, retina, bola mata dan lainnya. Termasuk pula lubang kecil pada sudut kelopak mata bawah, apakah Anda menyadari keberadaan lubang kecil ini?

Lubang kecil yang berada di sudut kelopak mata bawah baik di mata kanan maupun kiri disebut dengan lacrimal punctum. Ukuran lacrimal punctum pada setiap orang berbeda-beda, ada yang berukuran lebih besar dan terlihat jelas, ada pula yang berukuran kecil dan harus didekatkan ke cermin untuk melihatnya. Tapi pada umumnya, ukuran lacrimal punctum ini sekitar 2 milimeter.

Fungsi lubang kecil pada kelopak mata ini bukanlah untuk menghasilkan air mata. Melainkan sebagai sistem talang dan drainase mata untuk menyemburkan air mata Anda. Lubang kecil ini mengalirkan air mata ke hidung, itu mengapa Anda akan merasakan seperti pilek saat meneteskan air mata. Prosesnya digambarkan dengan pembukaaan kanal yang menghubungakan antara mata dan kantung lakrimal. Dari lubang kecil tersebut, air mata mengalir melalui saluran laktimal lalu ke hidung.

Jadi, kalau Anda melihat lubang kecil ini jangan khawatir. Karena lubang kecil ini bukanlah sebuah kelainan yang berbahaya, tetapi sesuatu yang normal. Bahkan lacrimal puctum ini terdapat didua bagian, bukan hanya pada kelopak mata bagian bawah daja tetapi juga ada pada bagian atas. Lacrimal punctum ini juga berfungsi untuk menjaga kelembaban mata, dimana lubang ini otomatis dapat mengatur agar tidak banyak air yang menumpuk dan mencegah mata kering.

(Foto: docplexus) 

YesDok Ads