0 Point
covid test

FDA Peringatkan Bahaya Penggunaan Alat Tes COVID-19 Mandiri

Saat ini banyak beredar alat tes COVID-19 mandiri yang bisa digunakan di rumah. Alat ini tentunya lebih praktis dan menghemat biaya tes COVID-19.

Sayangnya, menurut Food and Drug Administration (FDA), alat tes COVID-19 mandiri tersebut bisa berpotensi berbahaya

"Penggunaan yang salah dari tes COVID-19 di rumah yang disahkan FDA dapat menyebabkan bahaya," jelasnya. “Larutan cair dalam beberapa tes mungkin mengandung bahan kimia seperti natrium azida, yang dapat membahayakan jika tertelan atau jika terkena kulit, hidung, mulut, atau mata.”

FDA juga merilis serangkaian saran untuk mendorong keselamatan, yang mencakup memastikan semua bagian dari alat tes tidak dapat diakses oleh hewan peliharaan dan anak-anak.

Selain itu, FDA menekankan perlunya bantuan dari ahli medis jika terjadi reaksi yang merugikan, seperti iritasi kulit dan gejala lainnya.

FDA juga mengatakan bahwa mereka telah menginformasikan tentang potensi cedera akibat penyalahgunaan tes mandiri COVID-19, seperti larutan cairan tes yang secara tidak sengaja terkena mata, atau anak-anak yang menelan alat tes.

"FDA akan terus memantau dengan cermat masalah keamanan seputar tes COVID-19 di rumah dan berkomitmen untuk melindungi kesehatan masyarakat dan memastikan penggunaan tes ini secara aman," tutupnya.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok