Faktor Penting Mencegah Cedera Saat Berolahraga

November 13, 2022 | Iman

Mencegah Cedera Saat Berolahraga

Olahraga punya peran penting dalam menjaga kebugaran tubuh. Sejumlah pakar kesehatan merekomendasikan untuk berolahraga 150 menit dalam seminggu atau 30 menit setiap hari atau minimal 3 - 5 hari dalam seminggu.

Meski sejumlah olahraga mudah dilakukan, tetap dibutuhkan pemahaman tentang bagaimana olahraga yang benar, agar terhindar dari risiko cedera.

Menurut dr. Sapto Adji Hardjosworo, Sp.OT (K), salah satu faktor penting sebelum memulai olahraga inti adalah melakukan pemanasan.

“Lalu, ketahui kapasitas diri sendiri. Banyak orang mengalami cedera itu karena aturan mainnya tidak diikuti. Mereka akhirnya memaksakan diri melampaui kemampuannya. Misalnya, lari hanya kuat lima kilometer, tapi dipaksakan lebih dari itu," ujar dr. Sapto.

YesDok Ads

Untuk meminimalisir terjadinya cedera olahraga, seseorang perlu melakukan olahraga penunjang, yang tujuannya untuk memperkuat tubuh. Misalnya latihan beban untuk melatih otot-otot yang digunakan saat berolahraga.

Selain itu, perhatikan peralatan yang digunakan ketika berolahraga. “Pengguna harus memiliki peralatan yang cocok dengan jenis olahraganya. Jika peralatannya tidak cocok untuk menunjang kegiatan olahraga, jelas akan memperbesar risiko cedera," kata dr. Sapto.

Kemudian, ia juga menyarankan agar tidak memaksakan diri dalam berolahraga, terutama saat sedang dalam pemulihan. Sebaiknya, pemulihan tersebut dituntaskan terlebih dahulu. Dengan demikian, cedera bisa dihindari dan aktivitas olahraga bisa dilakukan secara maksimal.

“Cedera itu bisa mengenai jaringan keras seperti tulang atau lunak seperti otot. Cedera ringan itu otot rasanya seperti ditarik. Kalau berat itu biasanya sampai sobek. Sama seperti dengan urat, kalau ringan seperti ditarik juga. Nah, kalau sampai putus, itu sudah termasuk cedera berat," ujarnya menambahkan.

YesDok Ads