Fakta-Fakta Bernapas Lewat Mulut, Baikkah?

March 25, 2021 | Claudia

Pernapasan Mulut

Masalah pernapasan bisa sangat mengganggu. Seringkah Anda bernapas lewat mulut? Saat terjadi sumbatan di saluran napas hidung, pernapasan lewat mulut kerap dilakukan sebagai solusi. Sayangnya, pernapasan mulut bisa membuat tubuh kekurangan cukup oksigen. Ini kemudian berpengaruh terhadap menurunnya kadar oksigen dalam darah. Itu sebabnya, terus-terusan bernapas lewat mulut tidak disarankan.

Pernapasan mulut disebut-sebut juga bisa menyebabkan masalah jantung dan tekanan darah tinggi. Untuk lebih jelasnya, simak fakta-fakta tentang pernapasan mulut berikut ini:

Fakta 1

Pernapasan mulut bisa memengaruhi tidur. Ini menyebabkan kelelahan saat tidur. Pernapasan mulut saat tidur juga membuat Anda kehilangan banyak oksigen yang dibutuhkan.

Fakta 2

Apa yang menyumbat saluran hidung Anda? Rhinitis alergi, infeksi amandel atau amandel membesar, kelenjar gondok membesar, septum hidung menyimpang, dan polip hidung bisa menjadi masalahnya. Saat mengalami satu atau lebih dari masalah-masalah ini, ini bisa menyebabkan hidung tersumbat dan Anda mulai bernapas lewat mulut. Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan solusi dari masalah Anda.

Fakta 3

Saat sudah mengetahui masalah yang membuat Anda bernapas lewat mulut dan sudah mencari solusinya, namun Anda tetap bernapas lewat mulut, ini bisa jadi karena Anda sudah sangat terbiasa melakukannya. Lakukan terus latihan pernapasan agar Anda bisa kembali melakukan pernapasan hidung dengan normal.

Fakta 4

YesDok Ads

Jika masalah yang menyumbat hidung terus berlanjut, maka pemeriksaan ke dokter juga tidak boleh dihentikan. Prosedur pembedahan mungkin diperlukan untuk menghilangkan sumbatan, seperti pengangkatan amandel yang membengkak, dan lain-lain.

Fakta 5

Dalam banyak kasus, flu atau pilek juga bisa menyebabkan hidung tersumbat dan Anda mulai bernapas dengan mulut.

Fakta 6

Pada beberapa orang, debu, bulu binatang, dan serbuk sari bisa menyebabkan rhinitis alergi. Menghindari paparan alergi bisa membantu mengatasi hal ini, sehingga Anda tak perlu bernapas lewat mulut lagi. Rutin membersihkan hidung juga bisa membantu mengatasi iritasi di saluran hidung.

Fakta 7

Saat hidung tersumbat, meminum susu kunyit juga bisa menjadi salah satu solusi yang dapat Anda coba. Selain meminum susu kunyit, makan yoghurt juga bisa membantu mencegah Anda dari alergi.

(Foto: buteykoclinic.com)

YesDok Ads