Diet
+1

Enak dan Sehat, Ini 5 Manfaat Rambutan untuk Ibu Hamil

October 20, 2022 | Claudia

Manfaat Rambutan Untuk Ibu Hamil

Saat dalam masa kehamilan, ibu hamil harus mengonsumsi lebih banyak zat gizi penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendukung pertumbuhan janin yang sehat. Mengonsumsi buah-buahan merupakan salah satu cara memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, dan rambutan bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Apa manfaat rambutan untuk ibu hamil?

Buah rambutan mengandung sederet nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Di dalam rambutan terkandung serat, vitamin C, zat besi, dan fosfor. Tak hanya itu, buah rambutan juga rendah kalori.

Banyak yang masih meragukan, adakah bahaya mengonsumsi rambutan bagi ibu hamil? Sebenarnya rambutan tergolong buah yang aman untuk ibu hamil, hanya saja tetap harus memperhatikan porsi rambutan yang dimakan. Terlalu banyak makan rambutan juga tidak disarankan, meski ada beberapa manfaat rambutan untuk ibu hamil yang sayang dilewatkan.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat rambutan untuk ibu hamil:

Mencegah anemia

Ibu hamil sangat membutuhkan banyak darah, sebab jika ibu hamil mengalami anemia, risiko masalah kehamilan bisa meningkat. Bayi lahir dengan berat badan rendah, bayi lahir prematur, atau bahkan risiko keguguran bisa meningkat jika ibu hamil mengalami anemia. Rambutan mengandung zat gizi yang tinggi, sehingga berkhasiat mencegah ibu hamil dari anemia.

Tinggi vitamin E

Buah rambutan tinggi kandungan vitamin E dan vitamin C, yang mana keduanya sangat baik untuk kesehatan kulit pada ibu hamil. Ibu hamil umumnya juga tak lepas dari berbagai masalah di kulit, seperti munculnya stretch mark, kulit menjadi kusam, sangat kering, dan bahkan berjerawat.

Rutin mengonsumsi rambutan bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit ibu hamil.

Baik untuk pembentukan janin

Tingginya kandungan kalsium dalam buah rambutan, dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi kalsium pada ibu hamil, yang bermanfaat dalam pembentukan tulang janin. Tak hanya itu, kalsium yang terkandung dalam rambutan juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang pada ibu hamil.

Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Buah rambutan mengandung serat dan antioksidan yang bisa membantu menururnkan kadar kolesterol dan tekanan darah ibu hamil. Ini karena serat dan antioksidan dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh, menyehatkan jantung, dan mencegah penumpukan lemak di pembuluh darah. Semua ini dapat bermanfaat dalam mencegah berbagai macam penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi, serangan jantung, hingga stroke.

Melancarkan pencernaan

Manfaat rambutan untuk ibu hamil selanjutnya adalah, buah ini dapat melancarkan pencernaan. Ibu hamil kerap mengalami beberapa gangguan pencernaan, seperti sembelit atau diare. Tingginya kandungan serat dalam buah rambutan dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Ini bisa membuat ibu hamil terbebas dari sembelit, perut kembung, atau diare.

(Foto: herzindagi.com)

YesDok Ads