Efek Negatif Tidak Mengonsumsi Sayuran

May 07, 2021 | Kaifia

makan sayuran

Sayuran mengandung konstituen fitokimia penting yang terbukti memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan manusia. 

Sayur kaya akan vitamin A, C, E dan K serta mineral seperti kalium, magnesium dan kalsium. Sayur juga merupakan sumber serat makanan yang baik dan memiliki sifat antioksidan.

Apa akibat dari kekurangan memakan sayuran? 

Tidak mengkonsumsi sayuran membuat tubuh lebih rentan dan dapat menimbulkan banyak efek negatif pada tubuh dan kesehatan. Apa saja?

Penglihatan 

Sayuran berdaun hijau mengandung karotenoid, yang meningkatkan kinerja visual mata dan membantu mencegah penyakit mata terkait usia. Karotenoid lutein dan zeaxanthin memiliki perlindungan terhadap penyakit mata terkait penuaan dan degenerasi makula.
 

Kulit Terlihat Kusam

Sayuran mengandung antioksidan yang membantu mencegah tubuh kita dari radikal bebas yang dapat merusak tekstur kulit kita. Selain itu, banyak sayuran yang dikemas dengan air, seperti tomat yang dapat melembabkan kulit.
 

YesDok Ads

Rentan Mengalami Kram Otot

Otot membutuhkan cukup kalium untuk kontraksi otot polos. Kram otot terjadi ketika kadar kalium dalam darah terlalu rendah. Sayuran adalah sumber potasium terbaik, jadi penting untuk mendapatkan cukup sayuran dalam makanan Anda. sumber potasium terbaik termasuk sayuran berdaun gelap, seperti bayam, lobak dan ubi jalar. 
 

Merasa Lapar Segera Setelah Makan

Serat yang cukup dari sayuran membantu meningkatkan rasa kenyang dan membantu Anda kenyang lebih lama karena membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna dan juga membantu mempertahankan energi. Bila tidak cukup sayuran, Anda mungkin ingin ngemil lagi setelah makanan.

Suasana Hati Terganggu

Sayuran adalah sumber penting dari banyak vitamin dan mineral yang diperlukan untuk fungsi kritis tubuh kita. Jika Anda tidak cukup sayuran dan sumber energi utama dalam makanan Anda maka Anda kemungkinan mendapatkan ledakan energi yang membuat suasana hati Anda terganggu.

Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam sayuran dapat memainkan peran penting dalam pengaturan suasana hati Anda.

YesDok Ads