Durasi dan Aturan yang Benar Saat Pakai Masker Wajah

October 09, 2022 | Aqiyu

Durasi dan Aturan yang Benar Saat Pakai Masker Wajah

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat wajah Anda. Perawatan yang paling mudah dan sering dilakukan di rumah adalah menggunakan masker wajah. Meski tampak mudah dan sederhana, namun Anda tetap harus menerapkan pemakaian masker yang tepat dan digunakan sesuai dengan durasi atau lama waktu yang telah ditentukan. Hal ini tidak lain agar manfaat dari masker wajah yang Anda gunakan lebih terasa.

Aturan menggunakan masker wajah yang benar

Bila Anda rajin menggunakan masker namun hasilnya belum juga Anda rasakan. Mungkin ada yang salah dengan cara Anda mengaplikasikannya. Berikut ini cara yang benar menggunakan masker wajah agar hasil lebih maksimal:

  • Cuci atau bersihkan wajah Anda sebelum menggunakan masker wajah.
  • Jangan menggunakan masker terlalu lama.
  • Biasanya masker wajah hanya boleh dipakai selama 10-15 menit saja.
  • Bilas wajah menggunakan air bersih setelah menggunakan masker wajah yang diracik.
  • Sedangkan Anda tidak disarankan untuk membilas wajah setelah menggunakan sheet mask.
  • Setelah mengering, pakailah pelembab wajah untuk menutrisi kulit wajah.

Durasi yang dianjurkan selama memakai masker

Mungkin Anda ingin hasil yang maksimal. Namun, berlama-lama menggunakan masker bukanlah hal yang tepat untuk mendukung kesehatan kulit wajah Anda. Itulah kenapa ada durasi yang ditentukan saat menggunakan masker.

YesDok Ads

Umumnya Anda disarankan untuk menggunakan masker sekitar 10-15 menit saja. Menggunakan masker terlalu lama justru dapat menyerap kelembaban kulit Anda dan membuat kulit wajah Anda menjadi kering. Jadi, jangan menggunakan masker terlalu lama dan pastikan Anda mengangkat masker setelah didiamkan selama 15 menit.

Selain itu perhatikan pula frekuensi Anda menggunakan masker. Sebab, tidak semua jenis masker dapat digunakan setiap hari. Adapun masker yang boleh digunakan setiap hari adalah jenis sheet mask hidrasi. Sedangkan pada jenis masker bubuk, clay mask, sleeping mask dan sheet mask eksfoliasi hanya dianjurkan 1-2 kali dalam seminggu.

Meskipun ini bukanlah aturan baku dalam menggunakan masker, namun aturan ini dipercaya dapat memberikan hasil yang lebih baik dan bermanfaat. Jadi, perlu diingat ya bahwa menggunakan masker wajah yang terlalu lama itu tidak menjamin dapat memberikan hasil yang lebih baik. Selalu ikuti aturan dan petunjuk pada setiap kemasan masker.


 

YesDok Ads