Doyan Makan Sarden? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

December 02, 2020 | Helmi

sarden

Sarden adalah salah satu ikan yang kaya akan asam lemak omega-3. Sarden adalah sumber protein, vitamin, dan mineral yang baik, dan mereka mungkin memiliki lebih sedikit kontaminasi merkuri daripada ikan yang lebih besar.

Sarden adalah ikan kecil bertulang lunak yang termasuk dalam keluarga herring. Nama sarden mungkin berasal dari pulau Mediterania Sardinia, tempat ikan-ikan ini dulunya sangat melimpah.

Asam lemak omega-3 adalah komponen penting dari membran sel. Asam lemak ini harus didapat seseorang dari makanan karena tubuh manusia tidak dapat membuatnya.

Asam Lemak Omega 3

Ada tiga asam lemak omega-3 utama, dua di antaranya terdapat secara alami pada ikan - termasuk sarden - dan makanan laut lainnya.

Ini adalah asam eicosapentaenoic (EPA), yang didapat ikan dari alga yang mereka makan, dan asam docosahexaenoic (DHA), yang ada di banyak bagian tubuh manusia, termasuk mata, otak, dan jantung.

Mengonsumsi sarden selama kehamilan dan menyusui dikaitkan dengan peningkatan hasil kesehatan bayi. Namun, orang hamil dan menyusui sebaiknya memilih makanan laut dengan kadar merkuri yang lebih rendah.

Asupan makanan laut ini juga memiliki kaitan dengan penurunan kematian jantung pada orang dengan dan tanpa penyakit jantung yang sudah ada sebelumnya.

YesDok Ads

Penulis meta-analisis studi 2014 di mana peserta mengambil suplemen EPA dan DHA menyimpulkan bahwa asam lemak omega-3 efektif dalam mengurangi gejala depresi.

Protein dan vitamin

Jumlah protein yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 46–56 gram per hari, tergantung pada usia dan jenis kelamin. Sarden adalah sumber protein yang baik, dengan satu cangkir sarden kalengan dalam minyak mengandung 36,7 g makronutrien ini.

Selenium adalah antioksidan penting yang mempengaruhi reproduksi, fungsi tiroid, dan produksi DNA. Sarden juga merupakan sumber vitamin B12 yang sangat baik. Satu porsi 100 g sarden kalengan dalam minyak mengandung 8,94 mcg vitamin B12. Vitamin B12 membantu menjaga kesehatan darah dan sistem saraf.

Tulang yang sehat

Seseorang membutuhkan kalsium untuk kesehatan tulang, dan secangkir sarden kalengan yang dikeringkan dalam minyak mengandung 569 mg kalsium, yang lebih dari setengah 1.000 mg yang direkomendasikan para ahli untuk orang dewasa berusia 19–50 tahun.

Sarden juga mengandung nutrisi lain yang penting untuk kesehatan tulang, seperti vitamin D, magnesium, dan fosfor.

YesDok Ads