Double Masker Jadi Cara Cegah Penularan Covid-19

July 10, 2021 | Iman

Double masker

Pandemi Covid-19 masih jadi ancaman di berbagai belahan negara dunia, termasuk Indonesia. Angka kasus terinfeksi virus ini pun masih tinggi, oleh sebab itu penting untuk jangan lengah dan terus menerapkan protocol Kesehatan dengan ketat setiap hari.

Protokol kesehatan yang diberlakukan adalah himbauan bagi masyarakat untuk melindungi diri dari virus Sars-Cov-2 berupa mencuci tangan, menjaga jarak minimal 2 meter, menggunakan masker, membatasi mobilitas, dan menghindari keramaian.

Salah satu protokol kesehatan yang paling banyak mengalami perkembangan adalah aturan mengenai penggunakan masker. Di awal pandemi covid-19, Centre for Disease Control and Prevention (CDC) dan World Health Organization (WHO) hanya mewajibkan masker bagi orang sakit.

Namun, belum lama ini, sekitar bulan April 2021 CDC mengeluarkan panduan mengenai bagaimana cara untuk meningkatkan efektivitas masker yang dapat diterapkan oleh masyarakat. Penggunaan masker secara konsisten dengan cara yang baik dan benar penting dilakukan untuk memutus penyebaran covid-19.

Memakai masker double dengan masker medis terlebih dahulu lalu dilapisi dengan masker kain terbukti lebih efektif meningkatkan efektivitas masker untuk melindungi diri kita dari covid-19. Penelitian menyebutkan bahwa penggunaan masker dengan cara tersebut mampu menyaring partikel batuk yang dikeluarkan oleh seseorang hingga 85,4%.

YesDok Ads

Penggunaan double masker bukan hanya menambah jumlah lapisan namun juga meningkatkan keeratan atau kekencangan masker, dan juga membuat masker lebih sesuai (fit) terhadap kontur muka kita. 

Masker medis saja dapat menyaring partikel hingga 56,1% sementara masker kain saja menyaring partikel sebesar 51,4%, sementara penggunaan masker double dengan dua masker bedah ataupun menambah lapisan pada masker N95, tidak disarankan.

Menggunakan masker double sebenarnya hanya satu dari beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performa masker dalam memberikan perlindungan. 

Beberapa hal lain yang dapat dilakukan adalah membuat simpul pada kanan dan kiri masker medis hingga terbentuk seperti respirator KN95 yang dapat menahan partikel hingga 77%, memastikan masker medis yang kita pakai mempunyai kawat yang dapat disesuaikan dengan bentuk hidung kita, dan menggunakan mask fitter atau brace yang dapat dipasang di atas masker medis.

YesDok Ads