Disiplin Jadi Kunci Adaptasi New Normal

May 31, 2020 | Aqiyu

new normal

Beberapa waktu lalu, pemerintah mengumumkan bahwa Indonesia akan memasuki periode new normal. New normal juga sudah dilakukan oleh beberapa negara yang kurva penularan virus corona telah menurun. Pelaksaan new normal ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mempertahankan roda perekenomian. Namun tetap dengan memprioritaskan kesehatan masyarakat.

New normal yang diterapkan akan berhasil jika masyarakat dapat mematuhi beberapa aturan. Salah satu kunci sukses untuk menjalani new normal sendiri adalah kedisiplinan dari masyarakat. New normal sendiri merupakan kembalinya aktivitas masyarakat, namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat

Disiplin menjadi kunci adaptasi saat new normal. Menjalani tatanan kehidupan yang baru bukan berarti menyerah pada keadaan, melainkan mampu beradaptasi dengan kondisi kekinian di masa pandemik covid-19. Dengan disiplin protokol kesehatan, masyarakat dapat beraktivitas dengan produktif dan aman. Menjaga jarak dari orang lain harus menjadi pola hidup baru selama wabah belum berakhir. Ini adalah bentuk adaptasi menuju normal baru.

Untuk itu masyarakat diminta jangan lengah. WHO sendiri telah mengatakan bahwa virus corona akan tetap berada di sekitar kita untuk waktu yang lama.  Menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan new normal ini juga dapat mencegah potensi penularan virus corona gelombang kedua yang lebih besar.

YesDok Ads

Bila mengacu pada WHO, sebuah negara bisa menerapkan new normal dengan syarat bahwa penularan covid-19 terbukti dapat dikendalikan, sistem kesehatan negara tersebut mampu melakukan identifikasi, isolasi, pengujian pelacakan kontak dan karantina orang yang terinfeksi. Selain itu, dapat menekan risiko penularan wabah corona di wilayah dengan kerentanan yang tinggi. Serta penetapan langkah-langkah pencegahan di tempat kerja.

Negara yang bisa dijadikan contoh karena keberhasilannya menerapkan new normal adalah Vietnam dan Korea Selatan. Dimana masyarakat di kedua negara ini mematuhi aturan seperti selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah, menerapkan social distancing dimana pun mereka berada. Semoga Indonesia juga dapat menerapkan new normal dengan kedisiplinan penuh.

(Foto: BCM Blog)

YesDok Ads