Disebut Bisa Atasi Infeksi, Adakah Bahaya Bawang Putih untuk Telinga?

June 23, 2022 | Claudia

Bahaya bawang putih untuk telinga

Bawang sudah lama digunakan sebagai salah satu pengobatan alami untuk berbagai masalah kesehatan. Namun, beredar di media sosial, bahwa bawang putih bisa mengobati sakit telinga jika dimasukkan ke dalam telinga. Apakah ini benar? Adakah bahaya bawang putih untuk telinga?

Tips yang beredar di media sosial ini menyarankan agar bawang putih dikupas dan dipotong sesuai dengan ukuran lubang telinga, untuk nantinya dimasukkan dan dibiarkan dalam waktu semalaman. Ini dipercaya bisa menyembuhkan sakit atau infeksi telinga.

Bawang putih memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, baik dengan cara dimakan atau untuk perawatan dari luar. Namun, mengikuti tips menyembuhkan infeksi telinga dengan memasukkan bawang ke dalam telinga sebaiknya tidak dilakukan. Ini karena alih-alih menyembuhkan, bawang justru bisa masuk ke dalam telinga dan membuat infeksi menjadi semakin parah.

Sebagian besar infeksi telinga ringan, bisa sembuh bahkan tanpa adanya pengobatan. Namun, ada pula beberapa cara yang aman untuk meringankan gejala infeksi telinga, seperti:

YesDok Ads

  • Mengusapkan dan menempelkan kain hangat pada telinga yang sakit atau terinfeksi.
  • Meminum obat penghilang rasa sakit.
  • Menggunakan obat tetes telinga yang sudah diresepkan oleh dokter.

Tiga cara ini lebih aman untuk meringankan gejala infeksi telinga, dibandingkan dengan memasukkan bawang ke dalam telinga. Namun, ada baiknya Anda juga melakukan cara-cara terbaik untuk mencegah infeksi telinga, seperti:

  • Jangan berbagi alat pembersih telinga dengan orang lain
  • Jangan menyentuh telinga dengan tangan yang kotor.
  • Jaga imunitas tubuh dengan cara mengonsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga.

Mencoba pengobatan alami boleh-boleh saja, namun pastikan pengobatan alami itu sudah terjamin aman dan tidak membahayakan kesehatan diri. Jika dalam beberapa hari setelah pemakaian obat alami penyakit tak kunjung membaik, maka segera periksakan kondisi Anda ke dokter. Anda juga bisa melakukan konsultasi online dengan dokter-dokter terpercaya via aplikasi YesDok untuk mendapatkan solusi dari masalah kesehatan yang Anda alami.

(Foto: guardian.ng)

YesDok Ads