Dilanda Kram Perut dan Kaki Saat Hamil, Normalkah?

June 08, 2019 | Aqiyu

Kehaamilan, apalagi jika yang pertama kali, tentu merupakan hal baru yang menyenangkan. Tapi disamping itu, akan ada banyak perubahan yang terjadi pada ibu hamil baik fisik maupun emosional. Bahkan ada beberapa masalah umun yang juga mesti Anda hadapi.

Bila Anda tidak mengetahuinya, bisa jadi selama sembilan bulan mengandung Anda akan kebingungan dengan segala rasa tidak nyaman yang Anda rasakan. Salah satu masalah yang kerap kali dihadapi oleh ibu hamil adàlah kram. Kram yang terjadi bisa berupa kram perut dan kram pada bagian kaki.

Kram perut saat hamil biasanya terjadi pada malam hari. Kram pada perut bagian bawah dan kaki adalah hal biasa karena otot menyesuaikan membawa beban berat. Waspadai temperatur yang ekstrem. Jika Anda merasakan kedinginan kenakanlah kaus kaki dan selimut. Kram berpotensi kambuh saat Anda kedinginan, jadi tetap jaga bagian kaki Anda selalu hangat.

Meski kram perut merupakan hal yang normal, namun perlu diperhatikan jika kram perut disertai dengan beberapa gejala lainnya. Gejala lainnya seperti rasa sakit saat buang air kecil, kram perut terasa sangat berat dan tidak menghilang, keluar cairan, flek atau darah dari vagina, muntah, demam, serta menggigil. Bila anda mengalami kram perut disertai dengan gejala tersebut perlu diwaspadai karena dapat membahayakan janin.

YesDok Ads

Beberapa penyebab umum kram perut yang perlu diketahui adalah perubahan ukuran rahim, tekanan pada otot, sendi dan pembuluh darah, posisi rahim, gas yang berlebihan di dalam perut dan bisa terjadi setelah berhubungan intim.

Sedangkan kram kaki saat hamil terjadi karena kekurangan nutrisi dan garam, seperti kalsium atau magnesium, pada darah. Kekurangan zat ini disebabkan oleh bayi Anda mengambil zat yang ia butuhkan dari tubuh Anda.

Untuk mengatasinya Anda bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung magnesium. Beberapa penelitian membuktikan bahwa magnesium dapat meringankan kram. Selain itu, Usahakan untuk tidak berdiri atau duduk dengan kaki tersilang untuk waktu yang lama. 

(Foto: parents magazine)

YesDok Ads