Diet
+1

Diet Vegan Membantu Menurunkan Berat Badan pada Penderita Diabetes

May 10, 2022 | Helmi

vegan diet

Apakah Anda kelebihan berat badan atau berjuang dengan diabetes tipe 2? Sebuah penelitian terbaru menyarankan Anda untuk mencoba gaya hidup vegan.

Diet vegan kaya akan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian dan tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewan.

Meta-analisis dari 11 studi yang diterbitkan pada Maret 2022 yang mencakup total hampir 800 orang menemukan bahwa mengikuti pola makan vegan selama setidaknya 12 minggu membantu orang menurunkan berat badan dan menurunkan gula darah mereka.

Dibandingkan dengan pola makan lain, pola makan vegan secara signifikan mengurangi berat badan (rata-rata 9 pon) dan indeks massa tubuh atau BMI sebesar 1,38 kg/m2 .

YesDok Ads

Para peneliti menemukan pengurangan berat badan dan BMI yang lebih besar ketika mereka membandingkan pola makan vegan dengan pola makan normal.

Diet vegan juga menyebabkan sedikit perbaikan pada kadar gula darah, kolesterol total dan kolesterol LDL "jahat", tetapi memiliki sedikit efek pada tekanan darah atau trigliserida dibandingkan dengan diet lain, menurut penelitian.

“Penilaian saat ini menunjukkan dengan kepastian yang masuk akal bahwa mengikuti pola makan vegan selama setidaknya 12 minggu dapat mengakibatkan penurunan berat badan yang bermakna secara klinis dan meningkatkan kadar gula darah, dan oleh karena itu dapat digunakan dalam pengelolaan kelebihan berat badan dan diabetes tipe 2," kata penulis studi Anne-Ditte Termannsen, dari Steno Diabetes Center di Kopenhagen, Denmark.

"Diet vegan cenderung menyebabkan penurunan berat badan karena dikaitkan dengan pengurangan asupan kalori karena kandungan lemak yang lebih rendah dan kandungan serat makanan yang lebih tinggi. Namun, diperlukan lebih banyak bukti mengenai kardiometabolik lainnya,” pungkasnya.

YesDok Ads